ORDER VIA WHATSAPP

Jumat, 31 Januari 2020

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Kalibata Pancoran, jakarta selatan

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di  Kalibata Pancoran, jakarta selatan

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Kalibata Pancoran, jakarta selatan - Sejak dulu, tumpeng merupakan tidak benar satu sajian kudu saat syukuran atau upacara adat. Terutama di pulau Jawa, tumpeng hampir tak dulu absen dalam acara peresmian gedung, tempat tinggal baru, ulang tahun, kelahiran anak, sampai malam tirakatan pada hari Kemerdekaan. Tumpeng sendiri biasanya terbuat dari nasi kuning yang dicetak membentuk kerucuk yang di letakkan di atas tampah bambu selanjutnya disajikan dengan beragam lauk tradisional seperti ayam goreng, tempe, tahu, ikan teri, urap, dan masih banyak lainnya.

Tak cuma sebagai pelengkap di dalam acara syukuran maupun upacara adat, ternyata tumpeng terhitung sarat bakal arti dan juga doa kepada Yang Maha Kuasa. Menurut ahli kuliner, Arie Parikesit, tumpeng ternyata telah ada sejak dulu, bahkan sebelum saat masuknya ajaran agama di Nusantara.

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Kalibata Pancoran, jakarta selatan


Padahal awalnya, nasi tumpeng dibikin untuk memuliakan gunung sebagai area bersemayam para arwah leluhur (nenek moyang). Sebab tumpeng erat kaitannya bersama dengan kondisi alam Indonesia yang banyak dipenuhi gunung berapi. Dahulu, nasi tumpeng biasanya dibuat berasal dari nasi putih. Meski saat ini tumpeng telah punyai variasi tertentu, jadi berasal dari nasi uduk sampai nasi kuning. Nasi putih yang bersifat kerucut melambangkan sesuatu yang kita makan seharusnya berasal berasal dari sumber yang bersih dan halal. yam yang biasa digunakan terhadap nasi tumpeng adalah ayam jantan atau ayam jago. Pemilihan ayam jago terhitung membawa arti menghindari sifat-sifat buruk ayam jago, layaknya sombong, congkak, tetap menyela kala berbicara, dan selalu jadi benar sendiri

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Kalibata Pancoran, jakarta selatan


Telur juga jadi lauk pauk perlu dan memiliki arti yang di dalam terhadap nasi tumpeng. Telur juga jadi perlambang jikalau manusia diciptakan bersama dengan fitrah yang sama. Telur yang biasa digunakan kebanyakan telur rebus yang dipindang dan di sajikan utuh dengan kulitnya. Sehingga untuk memakannya, Ibu wajib membicarakan telur lebih-lebih dahulu. Hal ini melambangkan, bahwa semua tindakan kudu direncanakan terlebih dahulu (dikupas), ditunaikan sesuai rancangan dan dievaluasi untuk memperoleh hasil yang sempurna.

Selain lauk pauk, pelengkap lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah sayur urab. Biasanya terdiri dari kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, dengan bumbu urab yang terbuat dari sambal parutan kelapa. Sayuran ini melambangkan banyak makna, Kangkung berarti jinangkung yang artinya melindungi. Bayam mampu disimpulkan bersama dengan ayem tentrem. Taoge atau kecambah artinya tumbuh. Kacang panjang bisa diambil kesimpulan sebagai analisis yang jauh ke depan. Sedangkan bawang merah diambil kesimpulan mempertimbangan segala suatu hal dengan matang baik buruknya. Dan yang terakhir adalah bumbu urap bermakna urip atau hidup atau bisa menghidupi (menafkahi) keluarga

"Bentuknya yang aspek tiga melambangkan gunung, yang erat hubungannya dengan suatu hal yg bersifat spiritual. Bentuk segitiga juga merupakan pertalian antara manusia, alam, dan Sang Pencipta," tambah Arie Parikesit. Bila dilihat lebih seksama, dalam satu sajian tumpeng, tentu tetap di sajikan dengan tujuh model lauk yang berbeda. Ternyata, kuantitas lauk yang di letakkan di sekeliling tumpeng berikut termasuk mempunyai makna tersendiri, lho. Angka tujuh dalam bahasa Jawa disebut bersama dengan istilah pitu, atau pitulungan yang artinya adalah pertolongan. Dalam penjelasannya, Arie mengatakan bahwa tujuh type lauk yang dihidangkan dengan tumpeng merupakan lambang doa dan memohon dukungan kepada Sang Pencipta sehingga diberi kelancaran di dalam lakukan segala sesuatu.

KLIK DISINI UNTUK PESAN TUMPENG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar