ORDER VIA WHATSAPP

Jumat, 31 Januari 2020

081285706910 | Tumpeng nasi kuning sederhana di Papanggo, jakarta utara

081285706910 | Tumpeng nasi kuning sederhana di  Papanggo, jakarta utara

081285706910 | Tumpeng nasi kuning sederhana di Papanggo, jakarta utara - Sejak dulu, tumpeng merupakan salah satu sajian wajib kala syukuran atau upacara adat. Terutama di pulau Jawa, tumpeng nyaris tak dulu absen dalam acara peresmian gedung, tempat tinggal baru, ulang tahun, kelahiran anak, sampai malam tirakatan terhadap hari Kemerdekaan. Tumpeng sendiri biasanya terbuat dari nasi kuning yang dicetak membentuk kerucuk yang ditempatkan di atas tampah bambu lantas di sediakan dengan banyak variasi lauk tradisional seperti ayam goreng, tempe, tahu, ikan teri, urap, dan tetap banyak lainnya.

Tak cuma sebagai pelengkap didalam acara syukuran maupun upacara adat, ternyata tumpeng termasuk sarat bakal makna serta doa kepada Yang Maha Kuasa. Menurut pakar kuliner, Arie Parikesit, tumpeng ternyata udah ada sejak dulu, bahkan sebelum masuknya ajaran agama di Nusantara.

081285706910 | Tumpeng nasi kuning sederhana di Papanggo, jakarta utara


Padahal awalnya, nasi tumpeng dibuat untuk memuliakan gunung sebagai tempat bersemayam para arwah leluhur (nenek moyang). Sebab tumpeng erat kaitannya dengan kondisi alam Indonesia yang banyak dipenuhi gunung berapi. Dahulu, nasi tumpeng umumnya dibikin berasal dari nasi putih. Meski sementara ini tumpeng telah punya variasi tertentu, terasa berasal dari nasi uduk sampai nasi kuning. Nasi putih yang bersifat kerucut melambangkan sesuatu yang kami makan selayaknya berasal berasal dari sumber yang bersih dan halal. yam yang biasa digunakan terhadap nasi tumpeng adalah ayam jantan atau ayam jago. Pemilihan ayam jago termasuk membawa makna menjauhkan sifat-sifat buruk ayam jago, seperti sombong, congkak, selamanya menyela disaat berbicara, dan selamanya terasa benar sendiri

081285706910 | Tumpeng nasi kuning sederhana di Papanggo, jakarta utara


Telur juga jadi lauk pauk mutlak dan punyai makna yang didalam terhadap nasi tumpeng. Telur terhitung jadi perlambang jikalau manusia diciptakan bersama fitrah yang sama. Telur yang biasa digunakan biasanya telur rebus yang dipindang dan di sajikan utuh bersama dengan kulitnya. Sehingga untuk memakannya, Ibu mesti mengupas telur lebih-lebih dahulu. Hal ini melambangkan, bahwa semua tindakan mesti direncanakan lebih-lebih dahulu (dikupas), dilakukan sesuai rancangan dan dievaluasi untuk beroleh hasil yang sempurna.

Selain lauk pauk, pelengkap lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah sayur urab. Biasanya terdiri berasal dari kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, dengan bumbu urab yang terbuat berasal dari sambal parutan kelapa. Sayuran ini melambangkan banyak makna, Kangkung bermakna jinangkung yang bermakna melindungi. Bayam sanggup disimpulkan dengan ayem tentrem. Taoge atau kecambah bermakna tumbuh. Kacang panjang bisa diambil kesimpulan sebagai pemikiran yang jauh ke depan. Sedangkan bawang merah disimpulkan mempertimbangan segala sesuatu bersama masak baik buruknya. Dan yang paling akhir adalah bumbu urap berarti urip atau hidup atau bisa menghidupi (menafkahi) keluarga

"Bentuknya yang aspek tiga melambangkan gunung, yang erat hubungannya dengan sesuatu yg berbentuk spiritual. Bentuk segitiga juga merupakan hubungan antara manusia, alam, dan Sang Pencipta," jadi Arie Parikesit. Bila dilihat lebih seksama, dalam satu sajian tumpeng, pasti selalu di sajikan bersama dengan tujuh jenis lauk yang berbeda. Ternyata, kuantitas lauk yang diletakkan di sekeliling tumpeng tersebut terhitung punya makna tersendiri, lho. Angka tujuh di dalam bhs Jawa disebut bersama dengan istilah pitu, atau pitulungan yang berarti adalah pertolongan. Dalam penjelasannya, Arie menyebutkan bahwa tujuh model lauk yang disediakan bersama tumpeng merupakan simbol doa dan memohon pemberian kepada Sang Pencipta agar diberi kelancaran didalam laksanakan segala sesuatu.

KLIK DISINI UNTUK PESAN TUMPENG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar