ORDER VIA WHATSAPP

Jumat, 31 Januari 2020

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di Setiabudi, jakarta selatan

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di  Setiabudi, jakarta selatan

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di Setiabudi, jakarta selatan - Sejak dulu, tumpeng merupakan keliru satu sajian mesti pas syukuran atau upacara adat. Terutama di pulau Jawa, tumpeng nyaris tak dulu absen di dalam acara peresmian gedung, rumah baru, kembali tahun, kelahiran anak, hingga malam tirakatan terhadap hari Kemerdekaan. Tumpeng sendiri biasanya terbuat berasal dari nasi kuning yang dicetak membentuk kerucuk yang ditaruh di atas tampah bambu selanjutnya di sediakan dengan bervariasi lauk tradisional layaknya ayam goreng, tempe, tahu, ikan teri, urap, dan tetap banyak lainnya.

Tak hanya sebagai pelengkap di dalam acara syukuran maupun upacara adat, ternyata tumpeng termasuk sarat dapat arti dan juga doa kepada Yang Maha Kuasa. Menurut pakar kuliner, Arie Parikesit, tumpeng ternyata sudah ada sejak dulu, bahkan sebelum masuknya ajaran agama di Nusantara.

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di Setiabudi, jakarta selatan


Padahal awalnya, nasi tumpeng dibuat untuk memuliakan gunung sebagai area bersemayam para arwah leluhur (nenek moyang). Sebab tumpeng erat kaitannya bersama dengan suasana alam Indonesia yang banyak dipenuhi gunung berapi. Dahulu, nasi tumpeng umumnya dibuat dari nasi putih. Meski pas ini tumpeng udah mempunyai variasi tertentu, terasa berasal dari nasi uduk sampai nasi kuning. Nasi putih yang berbentuk kerucut melambangkan sesuatu yang kita makan seharusnya berasal berasal dari sumber yang bersih dan halal. yam yang biasa digunakan pada nasi tumpeng adalah ayam jantan atau ayam jago. Pemilihan ayam jago juga membawa arti menghindari sifat-sifat jelek ayam jago, seperti sombong, congkak, selamanya menyela dikala berbicara, dan selamanya terasa benar sendiri

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di Setiabudi, jakarta selatan


Telur terhitung jadi lauk pauk mutlak dan mempunyai arti yang dalam pada nasi tumpeng. Telur terhitung menjadi perlambang kalau manusia diciptakan bersama fitrah yang sama. Telur yang biasa digunakan umumnya telur rebus yang dipindang dan disajikan utuh bersama kulitnya. Sehingga untuk memakannya, Ibu perlu membicarakan telur terlebih dahulu. Hal ini melambangkan, bahwa semua tindakan perlu direncanakan terlebih dahulu (dikupas), ditunaikan cocok rancangan dan dievaluasi untuk memperoleh hasil yang sempurna.

Selain lauk pauk, pelengkap lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah sayur urab. Biasanya terdiri dari kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, bersama bumbu urab yang terbuat berasal dari sambal parutan kelapa. Sayuran ini melambangkan banyak makna, Kangkung berarti jinangkung yang berarti melindungi. Bayam bisa diambil kesimpulan bersama ayem tentrem. Taoge atau kecambah berarti tumbuh. Kacang panjang mampu diartikan sebagai analisis yang jauh ke depan. Sedangkan bawang merah diambil kesimpulan mempertimbangan segala suatu hal bersama dengan masak baik buruknya. Dan yang terakhir adalah bumbu urap artinya urip atau hidup atau bisa menghidupi (menafkahi) keluarga

"Bentuknya yang segi tiga melambangkan gunung, yang erat hubungannya bersama sesuatu yg berwujud spiritual. Bentuk segitiga termasuk merupakan hubungan pada manusia, alam, dan Sang Pencipta," malah Arie Parikesit. Bila dicermati lebih seksama, didalam satu sajian tumpeng, pasti tetap dihidangkan dengan tujuh tipe lauk yang berbeda. Ternyata, jumlah lauk yang di tempatkan di sekeliling tumpeng tersebut terhitung miliki makna tersendiri, lho. Angka tujuh dalam bahasa Jawa disebut bersama makna pitu, atau pitulungan yang berarti adalah pertolongan. Dalam penjelasannya, Arie mengatakan bahwa tujuh type lauk yang di sediakan bersama dengan tumpeng merupakan lambang doa dan memohon perlindungan kepada Sang Pencipta supaya diberi kelancaran didalam laksanakan segala sesuatu.

KLIK DISINI UNTUK PESAN TUMPENG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar