ORDER VIA WHATSAPP

Jumat, 31 Januari 2020

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di Pinang Ranti makasar jakarta timur

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di  Pinang Ranti makasar jakarta timur

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di Pinang Ranti makasar jakarta timur - Sejak dulu, tumpeng merupakan tidak benar satu sajian wajib waktu syukuran atau upacara adat. Terutama di pulau Jawa, tumpeng nyaris tak dulu absen didalam acara peresmian gedung, rumah baru, ulang tahun, kelahiran anak, sampai malam tirakatan pada hari Kemerdekaan. Tumpeng sendiri umumnya terbuat berasal dari nasi kuning yang dicetak membentuk kerucuk yang di letakkan di atas tampah bambu lalu di sediakan bersama banyak variasi lauk tradisional layaknya ayam goreng, tempe, tahu, ikan teri, urap, dan masih banyak lainnya.

Tak hanya sebagai pelengkap di dalam acara syukuran maupun upacara adat, ternyata tumpeng juga sarat dapat makna dan juga doa kepada Yang Maha Kuasa. Menurut pakar kuliner, Arie Parikesit, tumpeng ternyata telah ada sejak dulu, apalagi sebelum akan masuknya ajaran agama di Nusantara.

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di Pinang Ranti makasar jakarta timur


Padahal awalnya, nasi tumpeng dibuat untuk memuliakan gunung sebagai daerah bersemayam para arwah leluhur (nenek moyang). Sebab tumpeng erat kaitannya bersama suasana alam Indonesia yang banyak dipenuhi gunung berapi. Dahulu, nasi tumpeng biasanya dibikin dari nasi putih. Meski sementara ini tumpeng udah mempunyai variasi tertentu, terasa dari nasi uduk hingga nasi kuning. Nasi putih yang berupa kerucut melambangkan suatu hal yang kami makan semestinya berasal dari sumber yang bersih dan halal. yam yang biasa digunakan pada nasi tumpeng adalah ayam jantan atau ayam jago. Pemilihan ayam jago termasuk mempunyai makna menjauhi sifat-sifat tidak baik ayam jago, seperti sombong, congkak, tetap menyela ketika berbicara, dan selalu mulai benar sendiri

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di Pinang Ranti makasar jakarta timur


Telur termasuk jadi lauk pauk perlu dan memiliki makna yang di dalam pada nasi tumpeng. Telur termasuk menjadi perlambang jika manusia diciptakan dengan fitrah yang sama. Telur yang biasa digunakan umumnya telur rebus yang dipindang dan di sajikan utuh bersama dengan kulitnya. Sehingga untuk memakannya, Ibu wajib mengkaji telur khususnya dahulu. Hal ini melambangkan, bahwa semua tindakan kudu direncanakan terlebih dahulu (dikupas), dilakukan cocok konsep dan dievaluasi untuk memperoleh hasil yang sempurna.

Selain lauk pauk, pelengkap lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah sayur urab. Biasanya terdiri dari kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, bersama bumbu urab yang terbuat berasal dari sambal parutan kelapa. Sayuran ini melambangkan banyak makna, Kangkung bermakna jinangkung yang berarti melindungi. Bayam mampu diambil kesimpulan dengan ayem tentrem. Taoge atau kecambah bermakna tumbuh. Kacang panjang sanggup disimpulkan sebagai kesimpulan yang jauh ke depan. Sedangkan bawang merah diambil kesimpulan mempertimbangan segala suatu hal bersama masak baik buruknya. Dan yang paling akhir adalah bumbu urap bermakna urip atau hidup atau sanggup menghidupi (menafkahi) keluarga

"Bentuknya yang segi tiga melambangkan gunung, yang erat hubungannya bersama sesuatu yg berbentuk spiritual. Bentuk segitiga termasuk merupakan hubungan antara manusia, alam, dan Sang Pencipta," tambah Arie Parikesit. Bila dicermati lebih seksama, di dalam satu sajian tumpeng, tentu selalu di sediakan bersama dengan tujuh tipe lauk yang berbeda. Ternyata, jumlah lauk yang diletakkan di sekeliling tumpeng tersebut termasuk mempunyai makna tersendiri, lho. Angka tujuh dalam bahasa Jawa disebut bersama arti pitu, atau pitulungan yang artinya adalah pertolongan. Dalam penjelasannya, Arie mengatakan bahwa tujuh tipe lauk yang disajikan bersama tumpeng merupakan lambang doa dan memohon pertolongan kepada Sang Pencipta supaya diberi kelancaran didalam lakukan segala sesuatu.

KLIK DISINI UNTUK PESAN TUMPENG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar