ORDER VIA WHATSAPP

Jumat, 31 Januari 2020

081285706910 | Pesan tumpeng nasi kuning di Pal Meriam matraman jakarta timur

081285706910 | Pesan tumpeng nasi kuning di  Pal Meriam matraman jakarta timur

081285706910 | Pesan tumpeng nasi kuning di Pal Meriam matraman jakarta timur - Sejak dulu, tumpeng merupakan keliru satu sajian kudu selagi syukuran atau upacara adat. Terutama di pulau Jawa, tumpeng hampir tak pernah absen didalam acara peresmian gedung, rumah baru, kembali tahun, kelahiran anak, sampai malam tirakatan terhadap hari Kemerdekaan. Tumpeng sendiri umumnya terbuat berasal dari nasi kuning yang dicetak membentuk kerucuk yang ditaruh di atas tampah bambu lantas disediakan bersama dengan bervariasi lauk tradisional layaknya ayam goreng, tempe, tahu, ikan teri, urap, dan masih banyak lainnya.

Tak hanya sebagai pelengkap didalam acara syukuran maupun upacara adat, ternyata tumpeng juga sarat dapat makna serta doa kepada Yang Maha Kuasa. Menurut ahli kuliner, Arie Parikesit, tumpeng ternyata sudah ada sejak dulu, bahkan sebelum masuknya ajaran agama di Nusantara.

081285706910 | Pesan tumpeng nasi kuning di Pal Meriam matraman jakarta timur


Padahal awalnya, nasi tumpeng dibikin untuk memuliakan gunung sebagai tempat bersemayam para arwah leluhur (nenek moyang). Sebab tumpeng erat kaitannya dengan kondisi alam Indonesia yang banyak dipenuhi gunung berapi. Dahulu, nasi tumpeng kebanyakan dibuat berasal dari nasi putih. Meski waktu ini tumpeng sudah punya variasi tertentu, terasa dari nasi uduk sampai nasi kuning. Nasi putih yang bersifat kerucut melambangkan sesuatu yang kami makan harusnya berasal berasal dari sumber yang bersih dan halal. yam yang biasa digunakan pada nasi tumpeng adalah ayam jantan atau ayam jago. Pemilihan ayam jago termasuk mempunyai arti menjauhkan sifat-sifat jelek ayam jago, layaknya sombong, congkak, selamanya menyela dikala berbicara, dan tetap menjadi benar sendiri

081285706910 | Pesan tumpeng nasi kuning di Pal Meriam matraman jakarta timur


Telur juga menjadi lauk pauk mutlak dan mempunyai arti yang didalam pada nasi tumpeng. Telur juga jadi perlambang jika manusia diciptakan bersama fitrah yang sama. Telur yang biasa digunakan biasanya telur rebus yang dipindang dan di sediakan utuh bersama dengan kulitnya. Sehingga untuk memakannya, Ibu wajib mengupas telur lebih-lebih dahulu. Hal ini melambangkan, bahwa seluruh tindakan kudu direncanakan terutama dahulu (dikupas), dilaksanakan cocok konsep dan dievaluasi untuk meraih hasil yang sempurna.

Selain lauk pauk, pelengkap lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah sayur urab. Biasanya terdiri dari kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, bersama dengan bumbu urab yang terbuat dari sambal parutan kelapa. Sayuran ini melambangkan banyak makna, Kangkung berarti jinangkung yang berarti melindungi. Bayam sanggup diartikan bersama ayem tentrem. Taoge atau kecambah artinya tumbuh. Kacang panjang sanggup diambil kesimpulan sebagai pemikiran yang jauh ke depan. Sedangkan bawang merah disimpulkan mempertimbangan segala sesuatu bersama masak baik buruknya. Dan yang terakhir adalah bumbu urap artinya urip atau hidup atau sanggup menghidupi (menafkahi) keluarga

"Bentuknya yang aspek tiga melambangkan gunung, yang erat hubungannya bersama suatu hal yg bersifat spiritual. Bentuk segitiga terhitung merupakan hubungan antara manusia, alam, dan Sang Pencipta," tambah Arie Parikesit. Bila dilihat lebih seksama, didalam satu sajian tumpeng, tentu selamanya dihidangkan dengan tujuh jenis lauk yang berbeda. Ternyata, kuantitas lauk yang ditaruh di sekeliling tumpeng berikut juga memiliki makna tersendiri, lho. Angka tujuh di dalam bhs Jawa disebut dengan makna pitu, atau pitulungan yang artinya adalah pertolongan. Dalam penjelasannya, Arie menjelaskan bahwa tujuh jenis lauk yang di sajikan bersama dengan tumpeng merupakan lambang doa dan memohon pemberian kepada Sang Pencipta sehingga diberi kelancaran didalam lakukan segala sesuatu.

KLIK DISINI UNTUK PESAN TUMPENG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar