ORDER VIA WHATSAPP

Jumat, 31 Januari 2020

081285706910 | Tumpeng nasi kuning kreasi di Cakung jakarta timur

081285706910 | Tumpeng nasi kuning kreasi di  Cakung jakarta timur

081285706910 | Tumpeng nasi kuning kreasi di Cakung jakarta timur - Sejak dulu, tumpeng merupakan salah satu sajian mesti kala syukuran atau upacara adat. Terutama di pulau Jawa, tumpeng hampir tak pernah absen dalam acara peresmian gedung, rumah baru, ulang tahun, kelahiran anak, sampai malam tirakatan terhadap hari Kemerdekaan. Tumpeng sendiri biasanya terbuat berasal dari nasi kuning yang dicetak membentuk kerucuk yang di letakkan di atas tampah bambu lantas disediakan dengan bervariasi lauk tradisional seperti ayam goreng, tempe, tahu, ikan teri, urap, dan tetap banyak lainnya.

Tak cuma sebagai pelengkap didalam acara syukuran maupun upacara adat, ternyata tumpeng termasuk sarat akan arti serta doa kepada Yang Maha Kuasa. Menurut ahli kuliner, Arie Parikesit, tumpeng ternyata sudah tersedia sejak dulu, lebih-lebih sebelum saat masuknya ajaran agama di Nusantara.

081285706910 | Tumpeng nasi kuning kreasi di Cakung jakarta timur


Padahal awalnya, nasi tumpeng dibikin untuk memuliakan gunung sebagai daerah bersemayam para arwah leluhur (nenek moyang). Sebab tumpeng erat kaitannya bersama dengan kondisi alam Indonesia yang banyak dipenuhi gunung berapi. Dahulu, nasi tumpeng umumnya dibikin dari nasi putih. Meski waktu ini tumpeng sudah memiliki variasi tertentu, mulai berasal dari nasi uduk sampai nasi kuning. Nasi putih yang berwujud kerucut melambangkan suatu hal yang kami makan mestinya berasal berasal dari sumber yang bersih dan halal. yam yang biasa digunakan pada nasi tumpeng adalah ayam jantan atau ayam jago. Pemilihan ayam jago juga mempunyai arti menjauhkan sifat-sifat buruk ayam jago, seperti sombong, congkak, senantiasa menyela disaat berbicara, dan senantiasa mulai benar sendiri

081285706910 | Tumpeng nasi kuning kreasi di Cakung jakarta timur


Telur terhitung jadi lauk pauk penting dan punyai makna yang di dalam terhadap nasi tumpeng. Telur terhitung menjadi perlambang kecuali manusia diciptakan bersama fitrah yang sama. Telur yang biasa digunakan biasanya telur rebus yang dipindang dan disajikan utuh bersama dengan kulitnya. Sehingga untuk memakannya, Ibu wajib membicarakan telur terlebih dahulu. Hal ini melambangkan, bahwa semua tindakan kudu direncanakan lebih-lebih dahulu (dikupas), dilakukan cocok rancangan dan dievaluasi untuk memperoleh hasil yang sempurna.

Selain lauk pauk, pelengkap lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah sayur urab. Biasanya terdiri berasal dari kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, bersama dengan bumbu urab yang terbuat berasal dari sambal parutan kelapa. Sayuran ini melambangkan banyak makna, Kangkung berarti jinangkung yang artinya melindungi. Bayam sanggup disimpulkan bersama dengan ayem tentrem. Taoge atau kecambah artinya tumbuh. Kacang panjang sanggup diambil kesimpulan sebagai anggapan yang jauh ke depan. Sedangkan bawang merah diambil kesimpulan mempertimbangan segala sesuatu bersama dengan masak baik buruknya. Dan yang terakhir adalah bumbu urap artinya urip atau hidup atau dapat menghidupi (menafkahi) keluarga

"Bentuknya yang aspek tiga melambangkan gunung, yang erat hubungannya bersama dengan suatu hal yg berupa spiritual. Bentuk segitiga terhitung merupakan hubungan antara manusia, alam, dan Sang Pencipta," malah Arie Parikesit. Bila dicermati lebih seksama, didalam satu sajian tumpeng, tentu selalu di sajikan dengan tujuh type lauk yang berbeda. Ternyata, jumlah lauk yang diletakkan di sekeliling tumpeng berikut terhitung punya arti tersendiri, lho. Angka tujuh di dalam bhs Jawa disebut bersama dengan arti pitu, atau pitulungan yang berarti adalah pertolongan. Dalam penjelasannya, Arie menyatakan bahwa tujuh model lauk yang disediakan bersama dengan tumpeng merupakan lambang doa dan memohon pertolongan kepada Sang Pencipta sehingga diberi kelancaran dalam melakukan segala sesuatu.

KLIK DISINI UNTUK PESAN TUMPENG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar