ORDER VIA WHATSAPP

Jumat, 31 Januari 2020

081285706910 | Tumpeng nasi kuning sederhana di Kramat Jati jakarta timur

081285706910 | Tumpeng nasi kuning sederhana di  Kramat Jati jakarta timur

081285706910 | Tumpeng nasi kuning sederhana di Kramat Jati jakarta timur - Sejak dulu, tumpeng merupakan keliru satu sajian perlu kala syukuran atau upacara adat. Terutama di pulau Jawa, tumpeng nyaris tak dulu absen dalam acara peresmian gedung, rumah baru, lagi tahun, kelahiran anak, hingga malam tirakatan pada hari Kemerdekaan. Tumpeng sendiri kebanyakan terbuat dari nasi kuning yang dicetak membentuk kerucuk yang diletakkan di atas tampah bambu lalu dihidangkan bersama dengan banyak variasi lauk tradisional layaknya ayam goreng, tempe, tahu, ikan teri, urap, dan tetap banyak lainnya.

Tak cuma sebagai pelengkap dalam acara syukuran maupun upacara adat, ternyata tumpeng terhitung sarat dapat arti dan juga doa kepada Yang Maha Kuasa. Menurut pakar kuliner, Arie Parikesit, tumpeng ternyata udah tersedia sejak dulu, apalagi sebelum masuknya ajaran agama di Nusantara.

081285706910 | Tumpeng nasi kuning sederhana di Kramat Jati jakarta timur


Padahal awalnya, nasi tumpeng dibikin untuk memuliakan gunung sebagai tempat bersemayam para arwah leluhur (nenek moyang). Sebab tumpeng erat kaitannya bersama keadaan alam Indonesia yang banyak dipenuhi gunung berapi. Dahulu, nasi tumpeng kebanyakan dibuat dari nasi putih. Meski saat ini tumpeng udah mempunyai variasi tertentu, merasa dari nasi uduk sampai nasi kuning. Nasi putih yang berupa kerucut melambangkan sesuatu yang kami makan selayaknya berasal berasal dari sumber yang bersih dan halal. yam yang biasa digunakan terhadap nasi tumpeng adalah ayam jantan atau ayam jago. Pemilihan ayam jago juga mempunyai makna jauhi sifat-sifat buruk ayam jago, seperti sombong, congkak, senantiasa menyela kala berbicara, dan selalu merasa benar sendiri

081285706910 | Tumpeng nasi kuning sederhana di Kramat Jati jakarta timur


Telur juga jadi lauk pauk penting dan mempunyai makna yang dalam terhadap nasi tumpeng. Telur terhitung menjadi perlambang terkecuali manusia diciptakan dengan fitrah yang sama. Telur yang biasa digunakan umumnya telur rebus yang dipindang dan disajikan utuh bersama dengan kulitnya. Sehingga untuk memakannya, Ibu kudu membicarakan telur lebih-lebih dahulu. Hal ini melambangkan, bahwa seluruh tindakan harus direncanakan terutama dahulu (dikupas), ditunaikan sesuai rencana dan dievaluasi untuk memperoleh hasil yang sempurna.

Selain lauk pauk, pelengkap lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah sayur urab. Biasanya terdiri dari kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, dengan bumbu urab yang terbuat dari sambal parutan kelapa. Sayuran ini melambangkan banyak makna, Kangkung artinya jinangkung yang bermakna melindungi. Bayam dapat disimpulkan bersama dengan ayem tentrem. Taoge atau kecambah bermakna tumbuh. Kacang panjang dapat diartikan sebagai pemikiran yang jauh ke depan. Sedangkan bawang merah diambil kesimpulan mempertimbangan segala suatu hal dengan masak baik buruknya. Dan yang paling akhir adalah bumbu urap bermakna urip atau hidup atau dapat menghidupi (menafkahi) keluarga

"Bentuknya yang aspek tiga melambangkan gunung, yang erat hubungannya dengan suatu hal yg berwujud spiritual. Bentuk segitiga juga merupakan interaksi pada manusia, alam, dan Sang Pencipta," tambah Arie Parikesit. Bila dilihat lebih seksama, didalam satu sajian tumpeng, pasti tetap disediakan dengan tujuh jenis lauk yang berbeda. Ternyata, jumlah lauk yang diletakkan di sekeliling tumpeng berikut termasuk punyai makna tersendiri, lho. Angka tujuh didalam bhs Jawa disebut bersama arti pitu, atau pitulungan yang berarti adalah pertolongan. Dalam penjelasannya, Arie menjelaskan bahwa tujuh type lauk yang disajikan bersama tumpeng merupakan simbol doa dan memohon pemberian kepada Sang Pencipta sehingga diberi kelancaran didalam laksanakan segala sesuatu.

KLIK DISINI UNTUK PESAN TUMPENG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar