ORDER VIA WHATSAPP

Jumat, 31 Januari 2020

081285706910 | Pesan tumpeng nasi kuning di Cikoko Pancoran, jakarta selatan

081285706910 | Pesan tumpeng nasi kuning di  Cikoko Pancoran, jakarta selatan

081285706910 | Pesan tumpeng nasi kuning di Cikoko Pancoran, jakarta selatan - Sejak dulu, tumpeng merupakan tidak benar satu sajian kudu selagi syukuran atau upacara adat. Terutama di pulau Jawa, tumpeng nyaris tak dulu absen di dalam acara peresmian gedung, rumah baru, lagi tahun, kelahiran anak, hingga malam tirakatan pada hari Kemerdekaan. Tumpeng sendiri kebanyakan terbuat berasal dari nasi kuning yang dicetak membentuk kerucuk yang di tempatkan di atas tampah bambu lalu disajikan bersama dengan banyak variasi lauk tradisional seperti ayam goreng, tempe, tahu, ikan teri, urap, dan masih banyak lainnya.

Tak cuma sebagai pelengkap dalam acara syukuran maupun upacara adat, ternyata tumpeng termasuk sarat bakal makna serta doa kepada Yang Maha Kuasa. Menurut pakar kuliner, Arie Parikesit, tumpeng ternyata udah ada sejak dulu, lebih-lebih sebelum masuknya ajaran agama di Nusantara.

081285706910 | Pesan tumpeng nasi kuning di Cikoko Pancoran, jakarta selatan


Padahal awalnya, nasi tumpeng dibikin untuk memuliakan gunung sebagai tempat bersemayam para arwah leluhur (nenek moyang). Sebab tumpeng erat kaitannya dengan kondisi alam Indonesia yang banyak dipenuhi gunung berapi. Dahulu, nasi tumpeng biasanya dibuat dari nasi putih. Meski sementara ini tumpeng sudah memiliki variasi tertentu, merasa berasal dari nasi uduk sampai nasi kuning. Nasi putih yang bersifat kerucut melambangkan sesuatu yang kami makan semestinya berasal berasal dari sumber yang bersih dan halal. yam yang biasa digunakan pada nasi tumpeng adalah ayam jantan atau ayam jago. Pemilihan ayam jago terhitung membawa arti menjauhkan sifat-sifat jelek ayam jago, seperti sombong, congkak, tetap menyela saat berbicara, dan selalu menjadi benar sendiri

081285706910 | Pesan tumpeng nasi kuning di Cikoko Pancoran, jakarta selatan


Telur terhitung menjadi lauk pauk mutlak dan memiliki arti yang didalam terhadap nasi tumpeng. Telur termasuk jadi perlambang kecuali manusia diciptakan bersama dengan fitrah yang sama. Telur yang biasa digunakan biasanya telur rebus yang dipindang dan di sajikan utuh bersama dengan kulitnya. Sehingga untuk memakannya, Ibu kudu mengkaji telur terlebih dahulu. Hal ini melambangkan, bahwa seluruh tindakan wajib direncanakan khususnya dahulu (dikupas), dijalankan cocok rencana dan dievaluasi untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Selain lauk pauk, pelengkap lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah sayur urab. Biasanya terdiri berasal dari kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, dengan bumbu urab yang terbuat dari sambal parutan kelapa. Sayuran ini melambangkan banyak makna, Kangkung berarti jinangkung yang bermakna melindungi. Bayam dapat diartikan dengan ayem tentrem. Taoge atau kecambah berarti tumbuh. Kacang panjang sanggup disimpulkan sebagai analisis yang jauh ke depan. Sedangkan bawang merah diartikan mempertimbangan segala sesuatu bersama masak baik buruknya. Dan yang terakhir adalah bumbu urap bermakna urip atau hidup atau mampu menghidupi (menafkahi) keluarga

"Bentuknya yang aspek tiga melambangkan gunung, yang erat hubungannya bersama sesuatu yg berupa spiritual. Bentuk segitiga termasuk merupakan interaksi antara manusia, alam, dan Sang Pencipta," jadi Arie Parikesit. Bila dicermati lebih seksama, dalam satu sajian tumpeng, pasti tetap dihidangkan dengan tujuh tipe lauk yang berbeda. Ternyata, kuantitas lauk yang diletakkan di sekeliling tumpeng selanjutnya juga mempunyai makna tersendiri, lho. Angka tujuh didalam bhs Jawa disebut dengan istilah pitu, atau pitulungan yang berarti adalah pertolongan. Dalam penjelasannya, Arie mengatakan bahwa tujuh type lauk yang di sediakan bersama tumpeng merupakan simbol doa dan memohon perlindungan kepada Sang Pencipta sehingga diberi kelancaran dalam laksanakan segala sesuatu.

KLIK DISINI UNTUK PESAN TUMPENG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar