ORDER VIA WHATSAPP

Jumat, 31 Januari 2020

081285706910 | Tumpeng nasi kuning sederhana di Cijantung jakarta timur

081285706910 | Tumpeng nasi kuning sederhana di  Cijantung jakarta timur

081285706910 | Tumpeng nasi kuning sederhana di Cijantung jakarta timur - Sejak dulu, tumpeng merupakan keliru satu sajian kudu saat syukuran atau upacara adat. Terutama di pulau Jawa, tumpeng nyaris tak pernah absen dalam acara peresmian gedung, rumah baru, kembali tahun, kelahiran anak, hingga malam tirakatan terhadap hari Kemerdekaan. Tumpeng sendiri umumnya terbuat dari nasi kuning yang dicetak membentuk kerucuk yang ditempatkan di atas tampah bambu selanjutnya disajikan bersama dengan banyak variasi lauk tradisional seperti ayam goreng, tempe, tahu, ikan teri, urap, dan tetap banyak lainnya.

Tak cuma sebagai pelengkap dalam acara syukuran maupun upacara adat, ternyata tumpeng juga sarat dapat arti serta doa kepada Yang Maha Kuasa. Menurut pakar kuliner, Arie Parikesit, tumpeng ternyata udah ada sejak dulu, bahkan sebelum saat masuknya ajaran agama di Nusantara.

081285706910 | Tumpeng nasi kuning sederhana di Cijantung jakarta timur


Padahal awalnya, nasi tumpeng dibuat untuk memuliakan gunung sebagai daerah bersemayam para arwah leluhur (nenek moyang). Sebab tumpeng erat kaitannya dengan suasana alam Indonesia yang banyak dipenuhi gunung berapi. Dahulu, nasi tumpeng umumnya dibikin dari nasi putih. Meski saat ini tumpeng sudah punya variasi tertentu, jadi dari nasi uduk hingga nasi kuning. Nasi putih yang berupa kerucut melambangkan sesuatu yang kami makan selayaknya berasal dari sumber yang bersih dan halal. yam yang biasa digunakan pada nasi tumpeng adalah ayam jantan atau ayam jago. Pemilihan ayam jago juga mempunyai arti hindari sifat-sifat tidak baik ayam jago, layaknya sombong, congkak, selamanya menyela dikala berbicara, dan senantiasa terasa benar sendiri

081285706910 | Tumpeng nasi kuning sederhana di Cijantung jakarta timur


Telur termasuk jadi lauk pauk penting dan punyai makna yang di dalam pada nasi tumpeng. Telur juga jadi perlambang kalau manusia diciptakan dengan fitrah yang sama. Telur yang biasa digunakan umumnya telur rebus yang dipindang dan di sediakan utuh dengan kulitnya. Sehingga untuk memakannya, Ibu perlu mengkaji telur terlebih dahulu. Hal ini melambangkan, bahwa semua tindakan wajib direncanakan terlebih dahulu (dikupas), dijalankan cocok konsep dan dievaluasi untuk meraih hasil yang sempurna.

Selain lauk pauk, pelengkap lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah sayur urab. Biasanya terdiri dari kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, bersama bumbu urab yang terbuat dari sambal parutan kelapa. Sayuran ini melambangkan banyak makna, Kangkung bermakna jinangkung yang berarti melindungi. Bayam bisa disimpulkan bersama dengan ayem tentrem. Taoge atau kecambah berarti tumbuh. Kacang panjang dapat diartikan sebagai anggapan yang jauh ke depan. Sedangkan bawang merah diartikan mempertimbangan segala suatu hal dengan matang baik buruknya. Dan yang paling akhir adalah bumbu urap bermakna urip atau hidup atau sanggup menghidupi (menafkahi) keluarga

"Bentuknya yang faktor tiga melambangkan gunung, yang erat hubungannya bersama dengan sesuatu yg berwujud spiritual. Bentuk segitiga terhitung merupakan pertalian antara manusia, alam, dan Sang Pencipta," jadi Arie Parikesit. Bila diamati lebih seksama, dalam satu sajian tumpeng, pasti senantiasa dihidangkan bersama tujuh tipe lauk yang berbeda. Ternyata, jumlah lauk yang ditempatkan di sekeliling tumpeng tersebut terhitung mempunyai makna tersendiri, lho. Angka tujuh dalam bahasa Jawa disebut dengan arti pitu, atau pitulungan yang berarti adalah pertolongan. Dalam penjelasannya, Arie mengatakan bahwa tujuh tipe lauk yang di sajikan bersama tumpeng merupakan lambang doa dan memohon bantuan kepada Sang Pencipta agar diberi kelancaran di dalam jalankan segala sesuatu.

KLIK DISINI UNTUK PESAN TUMPENG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar