ORDER VIA WHATSAPP

Jumat, 28 Februari 2020

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Sunter Agung, jakarta utara

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di  Sunter Agung, jakarta utara

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Sunter Agung, jakarta utara - Sejak dulu, tumpeng merupakan salah satu sajian perlu saat syukuran atau upacara adat. Terutama di pulau Jawa, tumpeng nyaris tak dulu absen dalam acara peresmian gedung, tempat tinggal baru, lagi tahun, kelahiran anak, sampai malam tirakatan pada hari Kemerdekaan. Tumpeng sendiri biasanya terbuat berasal dari nasi kuning yang dicetak membentuk kerucuk yang di letakkan di atas tampah bambu selanjutnya disajikan dengan bervariasi lauk tradisional seperti ayam goreng, tempe, tahu, ikan teri, urap, dan masih banyak lainnya.

Tak cuma sebagai pelengkap dalam acara syukuran maupun upacara adat, ternyata tumpeng termasuk sarat bakal makna serta doa kepada Yang Maha Kuasa. Menurut ahli kuliner, Arie Parikesit, tumpeng ternyata telah tersedia sejak dulu, bahkan sebelum masuknya ajaran agama di Nusantara.

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Sunter Agung, jakarta utara


Padahal awalnya, nasi tumpeng dibikin untuk memuliakan gunung sebagai area bersemayam para arwah leluhur (nenek moyang). Sebab tumpeng erat kaitannya bersama dengan kondisi alam Indonesia yang banyak dipenuhi gunung berapi. Dahulu, nasi tumpeng kebanyakan dibuat dari nasi putih. Meski kala ini tumpeng telah miliki variasi tertentu, mulai dari nasi uduk sampai nasi kuning. Nasi putih yang berupa kerucut melambangkan suatu hal yang kami makan semestinya berasal berasal dari sumber yang bersih dan halal. yam yang biasa digunakan pada nasi tumpeng adalah ayam jantan atau ayam jago. Pemilihan ayam jago terhitung membawa arti menghindari sifat-sifat jelek ayam jago, seperti sombong, congkak, selamanya menyela disaat berbicara, dan selalu terasa benar sendiri

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Sunter Agung, jakarta utara


Telur termasuk menjadi lauk pauk mutlak dan punyai makna yang di dalam pada nasi tumpeng. Telur juga menjadi perlambang jika manusia diciptakan bersama fitrah yang sama. Telur yang biasa digunakan umumnya telur rebus yang dipindang dan dihidangkan utuh dengan kulitnya. Sehingga untuk memakannya, Ibu kudu mengkaji telur terutama dahulu. Hal ini melambangkan, bahwa seluruh tindakan harus direncanakan lebih-lebih dahulu (dikupas), dijalankan cocok rencana dan dievaluasi untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Selain lauk pauk, pelengkap lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah sayur urab. Biasanya terdiri dari kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, dengan bumbu urab yang terbuat berasal dari sambal parutan kelapa. Sayuran ini melambangkan banyak makna, Kangkung bermakna jinangkung yang berarti melindungi. Bayam dapat diambil kesimpulan bersama ayem tentrem. Taoge atau kecambah bermakna tumbuh. Kacang panjang bisa diartikan sebagai analisis yang jauh ke depan. Sedangkan bawang merah diartikan mempertimbangan segala suatu hal bersama dengan matang baik buruknya. Dan yang terakhir adalah bumbu urap bermakna urip atau hidup atau bisa menghidupi (menafkahi) keluarga

"Bentuknya yang segi tiga melambangkan gunung, yang erat hubungannya dengan sesuatu yg berwujud spiritual. Bentuk segitiga termasuk merupakan interaksi antara manusia, alam, dan Sang Pencipta," malah Arie Parikesit. Bila dilihat lebih seksama, dalam satu sajian tumpeng, tentu selalu di sajikan bersama dengan tujuh type lauk yang berbeda. Ternyata, jumlah lauk yang ditempatkan di sekeliling tumpeng tersebut termasuk miliki makna tersendiri, lho. Angka tujuh didalam bhs Jawa disebut bersama istilah pitu, atau pitulungan yang artinya adalah pertolongan. Dalam penjelasannya, Arie menjelaskan bahwa tujuh model lauk yang di sajikan dengan tumpeng merupakan lambang doa dan memohon bantuan kepada Sang Pencipta supaya diberi kelancaran dalam melakukan segala sesuatu.

KLIK DISINI UNTUK PESAN TUMPENG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar