ORDER VIA WHATSAPP

Jumat, 28 Februari 2020

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di Kampung Melayu jakarta timur

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di  Kampung Melayu jakarta timur

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di Kampung Melayu jakarta timur - Sejak dulu, tumpeng merupakan tidak benar satu sajian wajib saat syukuran atau upacara adat. Terutama di pulau Jawa, tumpeng hampir tak dulu absen di dalam acara peresmian gedung, rumah baru, lagi tahun, kelahiran anak, hingga malam tirakatan pada hari Kemerdekaan. Tumpeng sendiri umumnya terbuat dari nasi kuning yang dicetak membentuk kerucuk yang di letakkan di atas tampah bambu selanjutnya dihidangkan dengan begitu banyak ragam lauk tradisional layaknya ayam goreng, tempe, tahu, ikan teri, urap, dan masih banyak lainnya.

Tak hanya sebagai pelengkap di dalam acara syukuran maupun upacara adat, ternyata tumpeng terhitung sarat bakal makna serta doa kepada Yang Maha Kuasa. Menurut ahli kuliner, Arie Parikesit, tumpeng ternyata sudah tersedia sejak dulu, apalagi sebelum akan masuknya ajaran agama di Nusantara.

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di Kampung Melayu jakarta timur


Padahal awalnya, nasi tumpeng dibikin untuk memuliakan gunung sebagai tempat bersemayam para arwah leluhur (nenek moyang). Sebab tumpeng erat kaitannya bersama dengan keadaan alam Indonesia yang banyak dipenuhi gunung berapi. Dahulu, nasi tumpeng biasanya dibikin berasal dari nasi putih. Meski selagi ini tumpeng sudah memiliki variasi tertentu, merasa berasal dari nasi uduk sampai nasi kuning. Nasi putih yang berbentuk kerucut melambangkan sesuatu yang kita makan selayaknya berasal dari sumber yang bersih dan halal. yam yang biasa digunakan pada nasi tumpeng adalah ayam jantan atau ayam jago. Pemilihan ayam jago terhitung membawa arti menjauhi sifat-sifat tidak baik ayam jago, layaknya sombong, congkak, tetap menyela disaat berbicara, dan selamanya merasa benar sendiri

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di Kampung Melayu jakarta timur


Telur terhitung menjadi lauk pauk perlu dan mempunyai makna yang dalam pada nasi tumpeng. Telur terhitung jadi perlambang kalau manusia diciptakan dengan fitrah yang sama. Telur yang biasa digunakan biasanya telur rebus yang dipindang dan di sediakan utuh bersama kulitnya. Sehingga untuk memakannya, Ibu harus mengkaji telur terlebih dahulu. Hal ini melambangkan, bahwa semua tindakan kudu direncanakan terutama dahulu (dikupas), dilakukan sesuai rencana dan dievaluasi untuk memperoleh hasil yang sempurna.

Selain lauk pauk, pelengkap lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah sayur urab. Biasanya terdiri berasal dari kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, dengan bumbu urab yang terbuat berasal dari sambal parutan kelapa. Sayuran ini melambangkan banyak makna, Kangkung bermakna jinangkung yang bermakna melindungi. Bayam sanggup diambil kesimpulan dengan ayem tentrem. Taoge atau kecambah berarti tumbuh. Kacang panjang dapat diartikan sebagai analisis yang jauh ke depan. Sedangkan bawang merah diartikan mempertimbangan segala suatu hal bersama matang baik buruknya. Dan yang terakhir adalah bumbu urap bermakna urip atau hidup atau sanggup menghidupi (menafkahi) keluarga

"Bentuknya yang segi tiga melambangkan gunung, yang erat hubungannya bersama sesuatu yg berbentuk spiritual. Bentuk segitiga terhitung merupakan interaksi pada manusia, alam, dan Sang Pencipta," jadi Arie Parikesit. Bila diamati lebih seksama, dalam satu sajian tumpeng, pasti selalu disediakan dengan tujuh style lauk yang berbeda. Ternyata, jumlah lauk yang ditaruh di sekeliling tumpeng selanjutnya terhitung memiliki arti tersendiri, lho. Angka tujuh di dalam bahasa Jawa disebut dengan makna pitu, atau pitulungan yang berarti adalah pertolongan. Dalam penjelasannya, Arie menyatakan bahwa tujuh type lauk yang disajikan dengan tumpeng merupakan simbol doa dan memohon pertolongan kepada Sang Pencipta sehingga diberi kelancaran dalam melaksanakan segala sesuatu.

KLIK DISINI UNTUK PESAN TUMPENG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar