ORDER VIA WHATSAPP

Jumat, 28 Februari 2020

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Pulo Kebayoran Baru, jakarta selatan

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di  Pulo Kebayoran Baru, jakarta selatan

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Pulo Kebayoran Baru, jakarta selatan - Sejak dulu, tumpeng merupakan keliru satu sajian kudu sementara syukuran atau upacara adat. Terutama di pulau Jawa, tumpeng hampir tak dulu absen didalam acara peresmian gedung, rumah baru, lagi tahun, kelahiran anak, sampai malam tirakatan terhadap hari Kemerdekaan. Tumpeng sendiri kebanyakan terbuat dari nasi kuning yang dicetak membentuk kerucuk yang diletakkan di atas tampah bambu selanjutnya disajikan bersama beragam lauk tradisional seperti ayam goreng, tempe, tahu, ikan teri, urap, dan tetap banyak lainnya.

Tak hanya sebagai pelengkap dalam acara syukuran maupun upacara adat, ternyata tumpeng terhitung sarat dapat arti serta doa kepada Yang Maha Kuasa. Menurut pakar kuliner, Arie Parikesit, tumpeng ternyata telah ada sejak dulu, bahkan sebelum akan masuknya ajaran agama di Nusantara.

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Pulo Kebayoran Baru, jakarta selatan


Padahal awalnya, nasi tumpeng dibuat untuk memuliakan gunung sebagai daerah bersemayam para arwah leluhur (nenek moyang). Sebab tumpeng erat kaitannya bersama suasana alam Indonesia yang banyak dipenuhi gunung berapi. Dahulu, nasi tumpeng umumnya dibuat dari nasi putih. Meski selagi ini tumpeng telah miliki variasi tertentu, merasa berasal dari nasi uduk hingga nasi kuning. Nasi putih yang berupa kerucut melambangkan sesuatu yang kami makan selayaknya berasal dari sumber yang bersih dan halal. yam yang biasa digunakan pada nasi tumpeng adalah ayam jantan atau ayam jago. Pemilihan ayam jago terhitung membawa makna menjauhi sifat-sifat jelek ayam jago, seperti sombong, congkak, senantiasa menyela dikala berbicara, dan selamanya menjadi benar sendiri

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Pulo Kebayoran Baru, jakarta selatan


Telur terhitung menjadi lauk pauk penting dan punya makna yang di dalam terhadap nasi tumpeng. Telur terhitung menjadi perlambang kalau manusia diciptakan bersama fitrah yang sama. Telur yang biasa digunakan kebanyakan telur rebus yang dipindang dan di sediakan utuh bersama dengan kulitnya. Sehingga untuk memakannya, Ibu wajib mengkaji telur terutama dahulu. Hal ini melambangkan, bahwa seluruh tindakan perlu direncanakan khususnya dahulu (dikupas), dilaksanakan sesuai rancangan dan dievaluasi untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Selain lauk pauk, pelengkap lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah sayur urab. Biasanya terdiri berasal dari kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, bersama bumbu urab yang terbuat dari sambal parutan kelapa. Sayuran ini melambangkan banyak makna, Kangkung artinya jinangkung yang bermakna melindungi. Bayam dapat disimpulkan dengan ayem tentrem. Taoge atau kecambah artinya tumbuh. Kacang panjang dapat disimpulkan sebagai asumsi yang jauh ke depan. Sedangkan bawang merah diartikan mempertimbangan segala sesuatu bersama masak baik buruknya. Dan yang terakhir adalah bumbu urap artinya urip atau hidup atau mampu menghidupi (menafkahi) keluarga

"Bentuknya yang aspek tiga melambangkan gunung, yang erat hubungannya bersama dengan suatu hal yg berupa spiritual. Bentuk segitiga terhitung merupakan interaksi pada manusia, alam, dan Sang Pencipta," tambah Arie Parikesit. Bila dilihat lebih seksama, di dalam satu sajian tumpeng, pasti tetap disediakan bersama tujuh model lauk yang berbeda. Ternyata, kuantitas lauk yang ditempatkan di sekeliling tumpeng selanjutnya termasuk punya arti tersendiri, lho. Angka tujuh di dalam bahasa Jawa disebut dengan istilah pitu, atau pitulungan yang artinya adalah pertolongan. Dalam penjelasannya, Arie menyebutkan bahwa tujuh tipe lauk yang di sediakan dengan tumpeng merupakan lambang doa dan memohon perlindungan kepada Sang Pencipta supaya diberi kelancaran dalam laksanakan segala sesuatu.

KLIK DISINI UNTUK PESAN TUMPENG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar