ORDER VIA WHATSAPP

Jumat, 28 Februari 2020

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di Koja Selatan, jakarta utara

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di  Koja Selatan, jakarta utara

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di Koja Selatan, jakarta utara - Sejak dulu, tumpeng merupakan keliru satu sajian kudu pas syukuran atau upacara adat. Terutama di pulau Jawa, tumpeng hampir tak pernah absen di dalam acara peresmian gedung, rumah baru, kembali tahun, kelahiran anak, hingga malam tirakatan pada hari Kemerdekaan. Tumpeng sendiri biasanya terbuat dari nasi kuning yang dicetak membentuk kerucuk yang ditaruh di atas tampah bambu lantas dihidangkan bersama begitu banyak ragam lauk tradisional layaknya ayam goreng, tempe, tahu, ikan teri, urap, dan tetap banyak lainnya.

Tak cuma sebagai pelengkap di dalam acara syukuran maupun upacara adat, ternyata tumpeng termasuk sarat bakal arti serta doa kepada Yang Maha Kuasa. Menurut ahli kuliner, Arie Parikesit, tumpeng ternyata sudah tersedia sejak dulu, bahkan sebelum akan masuknya ajaran agama di Nusantara.

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di Koja Selatan, jakarta utara


Padahal awalnya, nasi tumpeng dibuat untuk memuliakan gunung sebagai area bersemayam para arwah leluhur (nenek moyang). Sebab tumpeng erat kaitannya bersama dengan situasi alam Indonesia yang banyak dipenuhi gunung berapi. Dahulu, nasi tumpeng kebanyakan dibikin dari nasi putih. Meski waktu ini tumpeng udah mempunyai variasi tertentu, mulai berasal dari nasi uduk sampai nasi kuning. Nasi putih yang berwujud kerucut melambangkan suatu hal yang kita makan selayaknya berasal berasal dari sumber yang bersih dan halal. yam yang biasa digunakan terhadap nasi tumpeng adalah ayam jantan atau ayam jago. Pemilihan ayam jago juga mempunyai arti menjauhi sifat-sifat buruk ayam jago, seperti sombong, congkak, selalu menyela ketika berbicara, dan selalu mulai benar sendiri

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di Koja Selatan, jakarta utara


Telur terhitung menjadi lauk pauk penting dan memiliki arti yang di dalam pada nasi tumpeng. Telur juga jadi perlambang jika manusia diciptakan bersama fitrah yang sama. Telur yang biasa digunakan kebanyakan telur rebus yang dipindang dan dihidangkan utuh dengan kulitnya. Sehingga untuk memakannya, Ibu wajib mengulas telur lebih-lebih dahulu. Hal ini melambangkan, bahwa seluruh tindakan harus direncanakan terlebih dahulu (dikupas), dilakukan cocok rencana dan dievaluasi untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Selain lauk pauk, pelengkap lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah sayur urab. Biasanya terdiri dari kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, dengan bumbu urab yang terbuat berasal dari sambal parutan kelapa. Sayuran ini melambangkan banyak makna, Kangkung artinya jinangkung yang artinya melindungi. Bayam mampu diambil kesimpulan dengan ayem tentrem. Taoge atau kecambah artinya tumbuh. Kacang panjang bisa diambil kesimpulan sebagai asumsi yang jauh ke depan. Sedangkan bawang merah diambil kesimpulan mempertimbangan segala sesuatu bersama dengan matang baik buruknya. Dan yang paling akhir adalah bumbu urap bermakna urip atau hidup atau bisa menghidupi (menafkahi) keluarga

"Bentuknya yang faktor tiga melambangkan gunung, yang erat hubungannya dengan sesuatu yg berupa spiritual. Bentuk segitiga juga merupakan jalinan pada manusia, alam, dan Sang Pencipta," jadi Arie Parikesit. Bila dicermati lebih seksama, didalam satu sajian tumpeng, pasti senantiasa dihidangkan bersama tujuh jenis lauk yang berbeda. Ternyata, jumlah lauk yang ditempatkan di sekeliling tumpeng tersebut terhitung memiliki arti tersendiri, lho. Angka tujuh didalam bahasa Jawa disebut bersama dengan istilah pitu, atau pitulungan yang bermakna adalah pertolongan. Dalam penjelasannya, Arie menyebutkan bahwa tujuh model lauk yang dihidangkan bersama tumpeng merupakan lambang doa dan memohon pemberian kepada Sang Pencipta supaya diberi kelancaran dalam jalankan segala sesuatu.

KLIK DISINI UNTUK PESAN TUMPENG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar