ORDER VIA WHATSAPP

Jumat, 28 Februari 2020

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di Gunung Kebayoran Baru, jakarta selatan

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di  Gunung Kebayoran Baru, jakarta selatan

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di Gunung Kebayoran Baru, jakarta selatan - Sejak dulu, tumpeng merupakan salah satu sajian wajib saat syukuran atau upacara adat. Terutama di pulau Jawa, tumpeng nyaris tak dulu absen di dalam acara peresmian gedung, rumah baru, lagi tahun, kelahiran anak, hingga malam tirakatan terhadap hari Kemerdekaan. Tumpeng sendiri kebanyakan terbuat berasal dari nasi kuning yang dicetak membentuk kerucuk yang diletakkan di atas tampah bambu lalu disajikan bersama dengan beragam lauk tradisional seperti ayam goreng, tempe, tahu, ikan teri, urap, dan tetap banyak lainnya.

Tak cuma sebagai pelengkap dalam acara syukuran maupun upacara adat, ternyata tumpeng termasuk sarat bakal arti serta doa kepada Yang Maha Kuasa. Menurut pakar kuliner, Arie Parikesit, tumpeng ternyata udah tersedia sejak dulu, lebih-lebih sebelum saat masuknya ajaran agama di Nusantara.

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di Gunung Kebayoran Baru, jakarta selatan


Padahal awalnya, nasi tumpeng dibuat untuk memuliakan gunung sebagai daerah bersemayam para arwah leluhur (nenek moyang). Sebab tumpeng erat kaitannya bersama situasi alam Indonesia yang banyak dipenuhi gunung berapi. Dahulu, nasi tumpeng kebanyakan dibuat dari nasi putih. Meski sementara ini tumpeng sudah miliki variasi tertentu, jadi dari nasi uduk hingga nasi kuning. Nasi putih yang berwujud kerucut melambangkan suatu hal yang kami makan semestinya berasal dari sumber yang bersih dan halal. yam yang biasa digunakan pada nasi tumpeng adalah ayam jantan atau ayam jago. Pemilihan ayam jago juga mempunyai makna jauhi sifat-sifat buruk ayam jago, seperti sombong, congkak, tetap menyela dikala berbicara, dan selalu mulai benar sendiri

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di Gunung Kebayoran Baru, jakarta selatan


Telur termasuk jadi lauk pauk mutlak dan mempunyai makna yang dalam terhadap nasi tumpeng. Telur termasuk jadi perlambang kalau manusia diciptakan dengan fitrah yang sama. Telur yang biasa digunakan kebanyakan telur rebus yang dipindang dan di sajikan utuh bersama kulitnya. Sehingga untuk memakannya, Ibu harus mengulas telur terlebih dahulu. Hal ini melambangkan, bahwa semua tindakan kudu direncanakan terutama dahulu (dikupas), dijalankan cocok rancangan dan dievaluasi untuk memperoleh hasil yang sempurna.

Selain lauk pauk, pelengkap lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah sayur urab. Biasanya terdiri dari kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, bersama dengan bumbu urab yang terbuat dari sambal parutan kelapa. Sayuran ini melambangkan banyak makna, Kangkung berarti jinangkung yang artinya melindungi. Bayam mampu disimpulkan bersama dengan ayem tentrem. Taoge atau kecambah berarti tumbuh. Kacang panjang dapat diambil kesimpulan sebagai asumsi yang jauh ke depan. Sedangkan bawang merah disimpulkan mempertimbangan segala suatu hal dengan matang baik buruknya. Dan yang paling akhir adalah bumbu urap artinya urip atau hidup atau bisa menghidupi (menafkahi) keluarga

"Bentuknya yang aspek tiga melambangkan gunung, yang erat hubungannya bersama sesuatu yg berwujud spiritual. Bentuk segitiga juga merupakan hubungan antara manusia, alam, dan Sang Pencipta," malah Arie Parikesit. Bila diamati lebih seksama, dalam satu sajian tumpeng, pasti selamanya disediakan bersama tujuh type lauk yang berbeda. Ternyata, kuantitas lauk yang diletakkan di sekeliling tumpeng tersebut juga miliki arti tersendiri, lho. Angka tujuh didalam bahasa Jawa disebut bersama makna pitu, atau pitulungan yang berarti adalah pertolongan. Dalam penjelasannya, Arie menyebutkan bahwa tujuh type lauk yang disediakan bersama tumpeng merupakan simbol doa dan memohon dukungan kepada Sang Pencipta sehingga diberi kelancaran didalam melakukan segala sesuatu.

KLIK DISINI UNTUK PESAN TUMPENG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar