ORDER VIA WHATSAPP

Jumat, 28 Februari 2020

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Batu Ampar jakarta timur

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di  Batu Ampar jakarta timur

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Batu Ampar jakarta timur - Sejak dulu, tumpeng merupakan keliru satu sajian kudu saat syukuran atau upacara adat. Terutama di pulau Jawa, tumpeng nyaris tak pernah absen didalam acara peresmian gedung, tempat tinggal baru, lagi tahun, kelahiran anak, sampai malam tirakatan terhadap hari Kemerdekaan. Tumpeng sendiri umumnya terbuat berasal dari nasi kuning yang dicetak membentuk kerucuk yang ditaruh di atas tampah bambu selanjutnya di sediakan bersama dengan banyak variasi lauk tradisional seperti ayam goreng, tempe, tahu, ikan teri, urap, dan masih banyak lainnya.

Tak cuma sebagai pelengkap di dalam acara syukuran maupun upacara adat, ternyata tumpeng juga sarat akan makna dan juga doa kepada Yang Maha Kuasa. Menurut pakar kuliner, Arie Parikesit, tumpeng ternyata telah ada sejak dulu, bahkan sebelum saat masuknya ajaran agama di Nusantara.

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Batu Ampar jakarta timur


Padahal awalnya, nasi tumpeng dibuat untuk memuliakan gunung sebagai tempat bersemayam para arwah leluhur (nenek moyang). Sebab tumpeng erat kaitannya bersama keadaan alam Indonesia yang banyak dipenuhi gunung berapi. Dahulu, nasi tumpeng kebanyakan dibuat dari nasi putih. Meski selagi ini tumpeng sudah punyai variasi tertentu, menjadi dari nasi uduk hingga nasi kuning. Nasi putih yang bersifat kerucut melambangkan sesuatu yang kita makan harusnya berasal dari sumber yang bersih dan halal. yam yang biasa digunakan pada nasi tumpeng adalah ayam jantan atau ayam jago. Pemilihan ayam jago termasuk membawa arti menjauhkan sifat-sifat jelek ayam jago, seperti sombong, congkak, selamanya menyela kala berbicara, dan tetap mulai benar sendiri

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Batu Ampar jakarta timur


Telur juga jadi lauk pauk mutlak dan punyai makna yang didalam pada nasi tumpeng. Telur termasuk jadi perlambang jikalau manusia diciptakan bersama fitrah yang sama. Telur yang biasa digunakan umumnya telur rebus yang dipindang dan di sediakan utuh bersama dengan kulitnya. Sehingga untuk memakannya, Ibu perlu membicarakan telur terlebih dahulu. Hal ini melambangkan, bahwa seluruh tindakan kudu direncanakan khususnya dahulu (dikupas), ditunaikan sesuai rancangan dan dievaluasi untuk beroleh hasil yang sempurna.

Selain lauk pauk, pelengkap lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah sayur urab. Biasanya terdiri dari kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, dengan bumbu urab yang terbuat berasal dari sambal parutan kelapa. Sayuran ini melambangkan banyak makna, Kangkung artinya jinangkung yang artinya melindungi. Bayam bisa disimpulkan bersama dengan ayem tentrem. Taoge atau kecambah berarti tumbuh. Kacang panjang dapat disimpulkan sebagai asumsi yang jauh ke depan. Sedangkan bawang merah disimpulkan mempertimbangan segala suatu hal dengan matang baik buruknya. Dan yang terakhir adalah bumbu urap artinya urip atau hidup atau mampu menghidupi (menafkahi) keluarga

"Bentuknya yang aspek tiga melambangkan gunung, yang erat hubungannya bersama sesuatu yg berbentuk spiritual. Bentuk segitiga termasuk merupakan hubungan antara manusia, alam, dan Sang Pencipta," malah Arie Parikesit. Bila dilihat lebih seksama, di dalam satu sajian tumpeng, tentu selamanya di sediakan bersama dengan tujuh style lauk yang berbeda. Ternyata, jumlah lauk yang di letakkan di sekeliling tumpeng selanjutnya juga punyai makna tersendiri, lho. Angka tujuh dalam bhs Jawa disebut bersama arti pitu, atau pitulungan yang bermakna adalah pertolongan. Dalam penjelasannya, Arie mengatakan bahwa tujuh tipe lauk yang dihidangkan bersama dengan tumpeng merupakan simbol doa dan memohon dukungan kepada Sang Pencipta supaya diberi kelancaran dalam melaksanakan segala sesuatu.

KLIK DISINI UNTUK PESAN TUMPENG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar