ORDER VIA WHATSAPP

Jumat, 28 Februari 2020

081285706910 | Pesan tumpeng nasi kuning di Kwitang Senen, Jakarta Pusat

081285706910 | Pesan tumpeng nasi kuning di  Kwitang Senen, Jakarta Pusat

081285706910 | Pesan tumpeng nasi kuning di Kwitang Senen, Jakarta Pusat - Sejak dulu, tumpeng merupakan tidak benar satu sajian perlu waktu syukuran atau upacara adat. Terutama di pulau Jawa, tumpeng hampir tak dulu absen di dalam acara peresmian gedung, tempat tinggal baru, lagi tahun, kelahiran anak, hingga malam tirakatan terhadap hari Kemerdekaan. Tumpeng sendiri biasanya terbuat dari nasi kuning yang dicetak membentuk kerucuk yang di tempatkan di atas tampah bambu lalu di sediakan bersama bervariasi lauk tradisional seperti ayam goreng, tempe, tahu, ikan teri, urap, dan masih banyak lainnya.

Tak cuma sebagai pelengkap didalam acara syukuran maupun upacara adat, ternyata tumpeng juga sarat bakal makna serta doa kepada Yang Maha Kuasa. Menurut pakar kuliner, Arie Parikesit, tumpeng ternyata sudah ada sejak dulu, lebih-lebih sebelum masuknya ajaran agama di Nusantara.

081285706910 | Pesan tumpeng nasi kuning di Kwitang Senen, Jakarta Pusat


Padahal awalnya, nasi tumpeng dibuat untuk memuliakan gunung sebagai area bersemayam para arwah leluhur (nenek moyang). Sebab tumpeng erat kaitannya dengan situasi alam Indonesia yang banyak dipenuhi gunung berapi. Dahulu, nasi tumpeng biasanya dibikin berasal dari nasi putih. Meski pas ini tumpeng telah mempunyai variasi tertentu, merasa berasal dari nasi uduk sampai nasi kuning. Nasi putih yang berwujud kerucut melambangkan sesuatu yang kita makan selayaknya berasal dari sumber yang bersih dan halal. yam yang biasa digunakan terhadap nasi tumpeng adalah ayam jantan atau ayam jago. Pemilihan ayam jago termasuk mempunyai arti hindari sifat-sifat tidak baik ayam jago, seperti sombong, congkak, senantiasa menyela kala berbicara, dan senantiasa terasa benar sendiri

081285706910 | Pesan tumpeng nasi kuning di Kwitang Senen, Jakarta Pusat


Telur juga menjadi lauk pauk perlu dan punyai makna yang didalam terhadap nasi tumpeng. Telur termasuk menjadi perlambang kalau manusia diciptakan dengan fitrah yang sama. Telur yang biasa digunakan kebanyakan telur rebus yang dipindang dan disajikan utuh bersama kulitnya. Sehingga untuk memakannya, Ibu kudu membahas telur terutama dahulu. Hal ini melambangkan, bahwa seluruh tindakan kudu direncanakan lebih-lebih dahulu (dikupas), dilakukan sesuai rencana dan dievaluasi untuk meraih hasil yang sempurna.

Selain lauk pauk, pelengkap lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah sayur urab. Biasanya terdiri dari kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, dengan bumbu urab yang terbuat berasal dari sambal parutan kelapa. Sayuran ini melambangkan banyak makna, Kangkung berarti jinangkung yang bermakna melindungi. Bayam sanggup disimpulkan bersama ayem tentrem. Taoge atau kecambah bermakna tumbuh. Kacang panjang dapat diartikan sebagai analisis yang jauh ke depan. Sedangkan bawang merah diambil kesimpulan mempertimbangan segala sesuatu dengan masak baik buruknya. Dan yang paling akhir adalah bumbu urap berarti urip atau hidup atau mampu menghidupi (menafkahi) keluarga

"Bentuknya yang faktor tiga melambangkan gunung, yang erat hubungannya dengan suatu hal yg bersifat spiritual. Bentuk segitiga terhitung merupakan jalinan pada manusia, alam, dan Sang Pencipta," jadi Arie Parikesit. Bila diamati lebih seksama, dalam satu sajian tumpeng, pasti selalu dihidangkan dengan tujuh style lauk yang berbeda. Ternyata, kuantitas lauk yang diletakkan di sekeliling tumpeng selanjutnya juga miliki makna tersendiri, lho. Angka tujuh di dalam bahasa Jawa disebut bersama makna pitu, atau pitulungan yang bermakna adalah pertolongan. Dalam penjelasannya, Arie menyebutkan bahwa tujuh tipe lauk yang dihidangkan dengan tumpeng merupakan simbol doa dan memohon pemberian kepada Sang Pencipta agar diberi kelancaran di dalam melaksanakan segala sesuatu.

KLIK DISINI UNTUK PESAN TUMPENG

1 komentar: