ORDER VIA WHATSAPP

Jumat, 28 Februari 2020

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Pademangan Timur, jakarta utara

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di  Pademangan Timur, jakarta utara

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Pademangan Timur, jakarta utara - Sejak dulu, tumpeng merupakan keliru satu sajian perlu sementara syukuran atau upacara adat. Terutama di pulau Jawa, tumpeng hampir tak pernah absen didalam acara peresmian gedung, rumah baru, kembali tahun, kelahiran anak, sampai malam tirakatan pada hari Kemerdekaan. Tumpeng sendiri kebanyakan terbuat berasal dari nasi kuning yang dicetak membentuk kerucuk yang ditaruh di atas tampah bambu lantas disajikan bersama dengan beragam lauk tradisional seperti ayam goreng, tempe, tahu, ikan teri, urap, dan masih banyak lainnya.

Tak cuma sebagai pelengkap dalam acara syukuran maupun upacara adat, ternyata tumpeng termasuk sarat dapat arti serta doa kepada Yang Maha Kuasa. Menurut ahli kuliner, Arie Parikesit, tumpeng ternyata udah ada sejak dulu, bahkan sebelum masuknya ajaran agama di Nusantara.

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Pademangan Timur, jakarta utara


Padahal awalnya, nasi tumpeng dibikin untuk memuliakan gunung sebagai area bersemayam para arwah leluhur (nenek moyang). Sebab tumpeng erat kaitannya bersama kondisi alam Indonesia yang banyak dipenuhi gunung berapi. Dahulu, nasi tumpeng kebanyakan dibikin berasal dari nasi putih. Meski waktu ini tumpeng sudah miliki variasi tertentu, merasa berasal dari nasi uduk sampai nasi kuning. Nasi putih yang bersifat kerucut melambangkan sesuatu yang kami makan selayaknya berasal dari sumber yang bersih dan halal. yam yang biasa digunakan terhadap nasi tumpeng adalah ayam jantan atau ayam jago. Pemilihan ayam jago termasuk membawa makna hindari sifat-sifat jelek ayam jago, layaknya sombong, congkak, selamanya menyela saat berbicara, dan tetap terasa benar sendiri

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Pademangan Timur, jakarta utara


Telur terhitung jadi lauk pauk penting dan mempunyai arti yang didalam terhadap nasi tumpeng. Telur termasuk menjadi perlambang kalau manusia diciptakan bersama fitrah yang sama. Telur yang biasa digunakan biasanya telur rebus yang dipindang dan di sediakan utuh dengan kulitnya. Sehingga untuk memakannya, Ibu harus membahas telur khususnya dahulu. Hal ini melambangkan, bahwa semua tindakan harus direncanakan terlebih dahulu (dikupas), dijalankan sesuai konsep dan dievaluasi untuk meraih hasil yang sempurna.

Selain lauk pauk, pelengkap lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah sayur urab. Biasanya terdiri dari kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, bersama bumbu urab yang terbuat berasal dari sambal parutan kelapa. Sayuran ini melambangkan banyak makna, Kangkung bermakna jinangkung yang bermakna melindungi. Bayam mampu diambil kesimpulan bersama dengan ayem tentrem. Taoge atau kecambah bermakna tumbuh. Kacang panjang mampu diartikan sebagai asumsi yang jauh ke depan. Sedangkan bawang merah disimpulkan mempertimbangan segala suatu hal dengan matang baik buruknya. Dan yang terakhir adalah bumbu urap bermakna urip atau hidup atau dapat menghidupi (menafkahi) keluarga

"Bentuknya yang faktor tiga melambangkan gunung, yang erat hubungannya bersama dengan suatu hal yg berbentuk spiritual. Bentuk segitiga juga merupakan jalinan antara manusia, alam, dan Sang Pencipta," malah Arie Parikesit. Bila diamati lebih seksama, didalam satu sajian tumpeng, tentu tetap disediakan bersama dengan tujuh style lauk yang berbeda. Ternyata, kuantitas lauk yang di tempatkan di sekeliling tumpeng tersebut terhitung miliki makna tersendiri, lho. Angka tujuh didalam bahasa Jawa disebut bersama makna pitu, atau pitulungan yang berarti adalah pertolongan. Dalam penjelasannya, Arie menjelaskan bahwa tujuh type lauk yang di sajikan bersama tumpeng merupakan simbol doa dan memohon dukungan kepada Sang Pencipta agar diberi kelancaran didalam melaksanakan segala sesuatu.

KLIK DISINI UNTUK PESAN TUMPENG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar