ORDER VIA WHATSAPP

Jumat, 28 Februari 2020

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Pulo Gadung jakarta timur

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di  Pulo Gadung jakarta timur

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Pulo Gadung jakarta timur - Sejak dulu, tumpeng merupakan keliru satu sajian wajib kala syukuran atau upacara adat. Terutama di pulau Jawa, tumpeng hampir tak pernah absen di dalam acara peresmian gedung, tempat tinggal baru, ulang tahun, kelahiran anak, sampai malam tirakatan terhadap hari Kemerdekaan. Tumpeng sendiri umumnya terbuat dari nasi kuning yang dicetak membentuk kerucuk yang di letakkan di atas tampah bambu selanjutnya di sediakan dengan bervariasi lauk tradisional layaknya ayam goreng, tempe, tahu, ikan teri, urap, dan masih banyak lainnya.

Tak cuma sebagai pelengkap di dalam acara syukuran maupun upacara adat, ternyata tumpeng terhitung sarat akan makna dan juga doa kepada Yang Maha Kuasa. Menurut pakar kuliner, Arie Parikesit, tumpeng ternyata telah ada sejak dulu, bahkan sebelum saat masuknya ajaran agama di Nusantara.

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Pulo Gadung jakarta timur


Padahal awalnya, nasi tumpeng dibikin untuk memuliakan gunung sebagai tempat bersemayam para arwah leluhur (nenek moyang). Sebab tumpeng erat kaitannya dengan keadaan alam Indonesia yang banyak dipenuhi gunung berapi. Dahulu, nasi tumpeng kebanyakan dibuat dari nasi putih. Meski waktu ini tumpeng telah punya variasi tertentu, mulai berasal dari nasi uduk sampai nasi kuning. Nasi putih yang berwujud kerucut melambangkan suatu hal yang kita makan mestinya berasal berasal dari sumber yang bersih dan halal. yam yang biasa digunakan pada nasi tumpeng adalah ayam jantan atau ayam jago. Pemilihan ayam jago terhitung mempunyai makna hindari sifat-sifat buruk ayam jago, seperti sombong, congkak, senantiasa menyela saat berbicara, dan selalu menjadi benar sendiri

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Pulo Gadung jakarta timur


Telur juga menjadi lauk pauk perlu dan punya arti yang didalam terhadap nasi tumpeng. Telur terhitung jadi perlambang kecuali manusia diciptakan bersama dengan fitrah yang sama. Telur yang biasa digunakan kebanyakan telur rebus yang dipindang dan disajikan utuh dengan kulitnya. Sehingga untuk memakannya, Ibu harus mengkaji telur terlebih dahulu. Hal ini melambangkan, bahwa seluruh tindakan perlu direncanakan khususnya dahulu (dikupas), dilakukan cocok konsep dan dievaluasi untuk memperoleh hasil yang sempurna.

Selain lauk pauk, pelengkap lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah sayur urab. Biasanya terdiri dari kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, dengan bumbu urab yang terbuat dari sambal parutan kelapa. Sayuran ini melambangkan banyak makna, Kangkung berarti jinangkung yang bermakna melindungi. Bayam dapat diambil kesimpulan dengan ayem tentrem. Taoge atau kecambah artinya tumbuh. Kacang panjang mampu disimpulkan sebagai analisis yang jauh ke depan. Sedangkan bawang merah disimpulkan mempertimbangan segala sesuatu bersama matang baik buruknya. Dan yang paling akhir adalah bumbu urap berarti urip atau hidup atau bisa menghidupi (menafkahi) keluarga

"Bentuknya yang aspek tiga melambangkan gunung, yang erat hubungannya bersama suatu hal yg bersifat spiritual. Bentuk segitiga terhitung merupakan pertalian antara manusia, alam, dan Sang Pencipta," tambah Arie Parikesit. Bila diamati lebih seksama, di dalam satu sajian tumpeng, pasti selalu disediakan bersama dengan tujuh jenis lauk yang berbeda. Ternyata, kuantitas lauk yang diletakkan di sekeliling tumpeng selanjutnya terhitung punya arti tersendiri, lho. Angka tujuh di dalam bhs Jawa disebut bersama makna pitu, atau pitulungan yang berarti adalah pertolongan. Dalam penjelasannya, Arie menyebutkan bahwa tujuh jenis lauk yang dihidangkan bersama dengan tumpeng merupakan simbol doa dan memohon dukungan kepada Sang Pencipta agar diberi kelancaran didalam jalankan segala sesuatu.

KLIK DISINI UNTUK PESAN TUMPENG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar