ORDER VIA WHATSAPP

Jumat, 28 Februari 2020

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Semper Timur, jakarta utara

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di  Semper Timur, jakarta utara

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Semper Timur, jakarta utara - Sejak dulu, tumpeng merupakan tidak benar satu sajian wajib selagi syukuran atau upacara adat. Terutama di pulau Jawa, tumpeng hampir tak pernah absen didalam acara peresmian gedung, tempat tinggal baru, ulang tahun, kelahiran anak, hingga malam tirakatan terhadap hari Kemerdekaan. Tumpeng sendiri umumnya terbuat dari nasi kuning yang dicetak membentuk kerucuk yang ditempatkan di atas tampah bambu selanjutnya di sediakan bersama banyak variasi lauk tradisional seperti ayam goreng, tempe, tahu, ikan teri, urap, dan tetap banyak lainnya.

Tak hanya sebagai pelengkap dalam acara syukuran maupun upacara adat, ternyata tumpeng termasuk sarat bakal arti serta doa kepada Yang Maha Kuasa. Menurut ahli kuliner, Arie Parikesit, tumpeng ternyata sudah ada sejak dulu, apalagi sebelum akan masuknya ajaran agama di Nusantara.

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Semper Timur, jakarta utara


Padahal awalnya, nasi tumpeng dibikin untuk memuliakan gunung sebagai area bersemayam para arwah leluhur (nenek moyang). Sebab tumpeng erat kaitannya bersama situasi alam Indonesia yang banyak dipenuhi gunung berapi. Dahulu, nasi tumpeng umumnya dibikin dari nasi putih. Meski saat ini tumpeng telah mempunyai variasi tertentu, menjadi berasal dari nasi uduk hingga nasi kuning. Nasi putih yang berbentuk kerucut melambangkan sesuatu yang kita makan selayaknya berasal dari sumber yang bersih dan halal. yam yang biasa digunakan pada nasi tumpeng adalah ayam jantan atau ayam jago. Pemilihan ayam jago juga mempunyai arti menjauhkan sifat-sifat buruk ayam jago, layaknya sombong, congkak, senantiasa menyela disaat berbicara, dan senantiasa mulai benar sendiri

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Semper Timur, jakarta utara


Telur termasuk menjadi lauk pauk penting dan punyai makna yang di dalam pada nasi tumpeng. Telur termasuk menjadi perlambang jika manusia diciptakan dengan fitrah yang sama. Telur yang biasa digunakan umumnya telur rebus yang dipindang dan disediakan utuh bersama dengan kulitnya. Sehingga untuk memakannya, Ibu mesti membahas telur terutama dahulu. Hal ini melambangkan, bahwa seluruh tindakan kudu direncanakan khususnya dahulu (dikupas), ditunaikan cocok konsep dan dievaluasi untuk beroleh hasil yang sempurna.

Selain lauk pauk, pelengkap lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah sayur urab. Biasanya terdiri dari kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, bersama bumbu urab yang terbuat berasal dari sambal parutan kelapa. Sayuran ini melambangkan banyak makna, Kangkung bermakna jinangkung yang berarti melindungi. Bayam sanggup diartikan bersama dengan ayem tentrem. Taoge atau kecambah bermakna tumbuh. Kacang panjang dapat diartikan sebagai kesimpulan yang jauh ke depan. Sedangkan bawang merah disimpulkan mempertimbangan segala suatu hal bersama masak baik buruknya. Dan yang terakhir adalah bumbu urap berarti urip atau hidup atau bisa menghidupi (menafkahi) keluarga

"Bentuknya yang faktor tiga melambangkan gunung, yang erat hubungannya bersama sesuatu yg berupa spiritual. Bentuk segitiga termasuk merupakan hubungan antara manusia, alam, dan Sang Pencipta," jadi Arie Parikesit. Bila dicermati lebih seksama, didalam satu sajian tumpeng, tentu senantiasa dihidangkan bersama dengan tujuh model lauk yang berbeda. Ternyata, jumlah lauk yang di tempatkan di sekeliling tumpeng tersebut termasuk mempunyai arti tersendiri, lho. Angka tujuh di dalam bhs Jawa disebut bersama makna pitu, atau pitulungan yang artinya adalah pertolongan. Dalam penjelasannya, Arie mengatakan bahwa tujuh tipe lauk yang dihidangkan bersama tumpeng merupakan simbol doa dan memohon pemberian kepada Sang Pencipta supaya diberi kelancaran di dalam laksanakan segala sesuatu.

KLIK DISINI UNTUK PESAN TUMPENG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar