ORDER VIA WHATSAPP

Jumat, 28 Februari 2020

081285706910 | Tumpeng nasi kuning sederhana di Manggarai selatan

081285706910 | Tumpeng nasi kuning sederhana di  Manggarai selatan

081285706910 | Tumpeng nasi kuning sederhana di Manggarai selatan - Sejak dulu, tumpeng merupakan salah satu sajian mesti kala syukuran atau upacara adat. Terutama di pulau Jawa, tumpeng nyaris tak pernah absen didalam acara peresmian gedung, rumah baru, ulang tahun, kelahiran anak, hingga malam tirakatan terhadap hari Kemerdekaan. Tumpeng sendiri kebanyakan terbuat berasal dari nasi kuning yang dicetak membentuk kerucuk yang di tempatkan di atas tampah bambu selanjutnya di sajikan bersama dengan banyak ragam lauk tradisional layaknya ayam goreng, tempe, tahu, ikan teri, urap, dan tetap banyak lainnya.

Tak hanya sebagai pelengkap di dalam acara syukuran maupun upacara adat, ternyata tumpeng juga sarat dapat makna serta doa kepada Yang Maha Kuasa. Menurut ahli kuliner, Arie Parikesit, tumpeng ternyata udah ada sejak dulu, apalagi sebelum akan masuknya ajaran agama di Nusantara.

081285706910 | Tumpeng nasi kuning sederhana di Manggarai selatan


Padahal awalnya, nasi tumpeng dibuat untuk memuliakan gunung sebagai daerah bersemayam para arwah leluhur (nenek moyang). Sebab tumpeng erat kaitannya dengan situasi alam Indonesia yang banyak dipenuhi gunung berapi. Dahulu, nasi tumpeng umumnya dibuat dari nasi putih. Meski sementara ini tumpeng sudah miliki variasi tertentu, terasa dari nasi uduk hingga nasi kuning. Nasi putih yang berbentuk kerucut melambangkan suatu hal yang kami makan harusnya berasal berasal dari sumber yang bersih dan halal. yam yang biasa digunakan pada nasi tumpeng adalah ayam jantan atau ayam jago. Pemilihan ayam jago termasuk mempunyai arti menjauhi sifat-sifat buruk ayam jago, seperti sombong, congkak, senantiasa menyela disaat berbicara, dan senantiasa mulai benar sendiri

081285706910 | Tumpeng nasi kuning sederhana di Manggarai selatan


Telur juga menjadi lauk pauk perlu dan miliki makna yang didalam pada nasi tumpeng. Telur juga jadi perlambang kecuali manusia diciptakan bersama fitrah yang sama. Telur yang biasa digunakan umumnya telur rebus yang dipindang dan dihidangkan utuh dengan kulitnya. Sehingga untuk memakannya, Ibu kudu mengkaji telur khususnya dahulu. Hal ini melambangkan, bahwa semua tindakan wajib direncanakan lebih-lebih dahulu (dikupas), dijalankan cocok rencana dan dievaluasi untuk meraih hasil yang sempurna.

Selain lauk pauk, pelengkap lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah sayur urab. Biasanya terdiri berasal dari kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, bersama bumbu urab yang terbuat dari sambal parutan kelapa. Sayuran ini melambangkan banyak makna, Kangkung bermakna jinangkung yang bermakna melindungi. Bayam mampu disimpulkan dengan ayem tentrem. Taoge atau kecambah berarti tumbuh. Kacang panjang bisa disimpulkan sebagai kesimpulan yang jauh ke depan. Sedangkan bawang merah diartikan mempertimbangan segala sesuatu bersama dengan matang baik buruknya. Dan yang terakhir adalah bumbu urap artinya urip atau hidup atau sanggup menghidupi (menafkahi) keluarga

"Bentuknya yang segi tiga melambangkan gunung, yang erat hubungannya dengan sesuatu yg berbentuk spiritual. Bentuk segitiga juga merupakan jalinan pada manusia, alam, dan Sang Pencipta," tambah Arie Parikesit. Bila diamati lebih seksama, dalam satu sajian tumpeng, tentu tetap di sajikan bersama tujuh type lauk yang berbeda. Ternyata, jumlah lauk yang di letakkan di sekeliling tumpeng tersebut terhitung punya makna tersendiri, lho. Angka tujuh dalam bhs Jawa disebut dengan makna pitu, atau pitulungan yang bermakna adalah pertolongan. Dalam penjelasannya, Arie menyatakan bahwa tujuh tipe lauk yang disajikan dengan tumpeng merupakan simbol doa dan memohon dukungan kepada Sang Pencipta agar diberi kelancaran di dalam lakukan segala sesuatu.

KLIK DISINI UNTUK PESAN TUMPENG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar