ORDER VIA WHATSAPP

Jumat, 28 Februari 2020

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di Pejagalan, jakarta utara

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di  Pejagalan, jakarta utara

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di Pejagalan, jakarta utara - Sejak dulu, tumpeng merupakan tidak benar satu sajian wajib saat syukuran atau upacara adat. Terutama di pulau Jawa, tumpeng hampir tak pernah absen didalam acara peresmian gedung, rumah baru, ulang tahun, kelahiran anak, sampai malam tirakatan pada hari Kemerdekaan. Tumpeng sendiri biasanya terbuat berasal dari nasi kuning yang dicetak membentuk kerucuk yang di letakkan di atas tampah bambu selanjutnya disediakan bersama dengan beragam lauk tradisional layaknya ayam goreng, tempe, tahu, ikan teri, urap, dan masih banyak lainnya.

Tak cuma sebagai pelengkap dalam acara syukuran maupun upacara adat, ternyata tumpeng terhitung sarat dapat arti dan juga doa kepada Yang Maha Kuasa. Menurut ahli kuliner, Arie Parikesit, tumpeng ternyata telah tersedia sejak dulu, bahkan sebelum saat masuknya ajaran agama di Nusantara.

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di Pejagalan, jakarta utara


Padahal awalnya, nasi tumpeng dibikin untuk memuliakan gunung sebagai daerah bersemayam para arwah leluhur (nenek moyang). Sebab tumpeng erat kaitannya dengan keadaan alam Indonesia yang banyak dipenuhi gunung berapi. Dahulu, nasi tumpeng kebanyakan dibikin dari nasi putih. Meski saat ini tumpeng sudah punya variasi tertentu, menjadi berasal dari nasi uduk hingga nasi kuning. Nasi putih yang berbentuk kerucut melambangkan sesuatu yang kami makan selayaknya berasal dari sumber yang bersih dan halal. yam yang biasa digunakan terhadap nasi tumpeng adalah ayam jantan atau ayam jago. Pemilihan ayam jago termasuk membawa makna menjauhi sifat-sifat tidak baik ayam jago, layaknya sombong, congkak, senantiasa menyela ketika berbicara, dan senantiasa menjadi benar sendiri

081285706910 | Tumpeng nasi kuning ulangtahun di Pejagalan, jakarta utara


Telur juga menjadi lauk pauk mutlak dan miliki arti yang didalam pada nasi tumpeng. Telur termasuk jadi perlambang kalau manusia diciptakan bersama fitrah yang sama. Telur yang biasa digunakan kebanyakan telur rebus yang dipindang dan di sediakan utuh bersama dengan kulitnya. Sehingga untuk memakannya, Ibu kudu mengkaji telur terlebih dahulu. Hal ini melambangkan, bahwa seluruh tindakan wajib direncanakan lebih-lebih dahulu (dikupas), ditunaikan cocok rencana dan dievaluasi untuk memperoleh hasil yang sempurna.

Selain lauk pauk, pelengkap lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah sayur urab. Biasanya terdiri berasal dari kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, dengan bumbu urab yang terbuat berasal dari sambal parutan kelapa. Sayuran ini melambangkan banyak makna, Kangkung berarti jinangkung yang artinya melindungi. Bayam sanggup diambil kesimpulan dengan ayem tentrem. Taoge atau kecambah bermakna tumbuh. Kacang panjang dapat diartikan sebagai asumsi yang jauh ke depan. Sedangkan bawang merah disimpulkan mempertimbangan segala sesuatu dengan masak baik buruknya. Dan yang paling akhir adalah bumbu urap berarti urip atau hidup atau sanggup menghidupi (menafkahi) keluarga

"Bentuknya yang faktor tiga melambangkan gunung, yang erat hubungannya dengan sesuatu yg berbentuk spiritual. Bentuk segitiga terhitung merupakan jalinan antara manusia, alam, dan Sang Pencipta," malah Arie Parikesit. Bila dicermati lebih seksama, di dalam satu sajian tumpeng, tentu selalu dihidangkan bersama tujuh style lauk yang berbeda. Ternyata, kuantitas lauk yang ditaruh di sekeliling tumpeng tersebut termasuk miliki makna tersendiri, lho. Angka tujuh di dalam bhs Jawa disebut dengan arti pitu, atau pitulungan yang bermakna adalah pertolongan. Dalam penjelasannya, Arie menjelaskan bahwa tujuh model lauk yang di sajikan dengan tumpeng merupakan lambang doa dan memohon perlindungan kepada Sang Pencipta agar diberi kelancaran didalam melakukan segala sesuatu.

KLIK DISINI UNTUK PESAN TUMPENG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar