ORDER VIA WHATSAPP

Kamis, 27 Februari 2020

081285706910 | Pesan tumpeng nasi kuning di Serdang Kemayoran, Jakarta Pusat

081285706910 | Pesan tumpeng nasi kuning di  Serdang Kemayoran, Jakarta Pusat

081285706910 | Pesan tumpeng nasi kuning di Serdang Kemayoran, Jakarta Pusat - Sejak dulu, tumpeng merupakan tidak benar satu sajian kudu pas syukuran atau upacara adat. Terutama di pulau Jawa, tumpeng nyaris tak pernah absen didalam acara peresmian gedung, rumah baru, lagi tahun, kelahiran anak, hingga malam tirakatan terhadap hari Kemerdekaan. Tumpeng sendiri biasanya terbuat dari nasi kuning yang dicetak membentuk kerucuk yang di tempatkan di atas tampah bambu selanjutnya disediakan dengan banyak ragam lauk tradisional layaknya ayam goreng, tempe, tahu, ikan teri, urap, dan tetap banyak lainnya.

Tak hanya sebagai pelengkap dalam acara syukuran maupun upacara adat, ternyata tumpeng termasuk sarat akan arti serta doa kepada Yang Maha Kuasa. Menurut pakar kuliner, Arie Parikesit, tumpeng ternyata sudah ada sejak dulu, bahkan sebelum saat masuknya ajaran agama di Nusantara.

081285706910 | Pesan tumpeng nasi kuning di Serdang Kemayoran, Jakarta Pusat


Padahal awalnya, nasi tumpeng dibuat untuk memuliakan gunung sebagai tempat bersemayam para arwah leluhur (nenek moyang). Sebab tumpeng erat kaitannya dengan keadaan alam Indonesia yang banyak dipenuhi gunung berapi. Dahulu, nasi tumpeng biasanya dibuat berasal dari nasi putih. Meski kala ini tumpeng telah punya variasi tertentu, menjadi dari nasi uduk hingga nasi kuning. Nasi putih yang berupa kerucut melambangkan sesuatu yang kita makan harusnya berasal dari sumber yang bersih dan halal. yam yang biasa digunakan pada nasi tumpeng adalah ayam jantan atau ayam jago. Pemilihan ayam jago terhitung mempunyai arti hindari sifat-sifat tidak baik ayam jago, seperti sombong, congkak, selamanya menyela saat berbicara, dan tetap menjadi benar sendiri

081285706910 | Pesan tumpeng nasi kuning di Serdang Kemayoran, Jakarta Pusat


Telur juga menjadi lauk pauk mutlak dan memiliki arti yang didalam terhadap nasi tumpeng. Telur termasuk jadi perlambang jika manusia diciptakan dengan fitrah yang sama. Telur yang biasa digunakan biasanya telur rebus yang dipindang dan disediakan utuh dengan kulitnya. Sehingga untuk memakannya, Ibu kudu mengupas telur terlebih dahulu. Hal ini melambangkan, bahwa seluruh tindakan mesti direncanakan lebih-lebih dahulu (dikupas), dijalankan sesuai konsep dan dievaluasi untuk memperoleh hasil yang sempurna.

Selain lauk pauk, pelengkap lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah sayur urab. Biasanya terdiri berasal dari kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, bersama bumbu urab yang terbuat berasal dari sambal parutan kelapa. Sayuran ini melambangkan banyak makna, Kangkung berarti jinangkung yang artinya melindungi. Bayam dapat diartikan bersama dengan ayem tentrem. Taoge atau kecambah bermakna tumbuh. Kacang panjang dapat diambil kesimpulan sebagai pemikiran yang jauh ke depan. Sedangkan bawang merah diartikan mempertimbangan segala sesuatu bersama dengan masak baik buruknya. Dan yang paling akhir adalah bumbu urap artinya urip atau hidup atau bisa menghidupi (menafkahi) keluarga

"Bentuknya yang segi tiga melambangkan gunung, yang erat hubungannya bersama dengan suatu hal yg berwujud spiritual. Bentuk segitiga terhitung merupakan interaksi pada manusia, alam, dan Sang Pencipta," jadi Arie Parikesit. Bila diamati lebih seksama, dalam satu sajian tumpeng, tentu selamanya disajikan bersama dengan tujuh style lauk yang berbeda. Ternyata, jumlah lauk yang di letakkan di sekeliling tumpeng tersebut terhitung mempunyai makna tersendiri, lho. Angka tujuh dalam bhs Jawa disebut dengan istilah pitu, atau pitulungan yang berarti adalah pertolongan. Dalam penjelasannya, Arie mengatakan bahwa tujuh style lauk yang dihidangkan dengan tumpeng merupakan simbol doa dan memohon pertolongan kepada Sang Pencipta agar diberi kelancaran di dalam laksanakan segala sesuatu.

KLIK DISINI UNTUK PESAN TUMPENG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar