ORDER VIA WHATSAPP

Jumat, 28 Februari 2020

081285706910 | Tumpeng nasi kuning karakter di Malaka Sari jakarta timur

081285706910 | Tumpeng nasi kuning karakter di  Malaka Sari jakarta timur

081285706910 | Tumpeng nasi kuning karakter di Malaka Sari jakarta timur - Sejak dulu, tumpeng merupakan salah satu sajian kudu waktu syukuran atau upacara adat. Terutama di pulau Jawa, tumpeng nyaris tak pernah absen di dalam acara peresmian gedung, tempat tinggal baru, ulang tahun, kelahiran anak, hingga malam tirakatan pada hari Kemerdekaan. Tumpeng sendiri kebanyakan terbuat dari nasi kuning yang dicetak membentuk kerucuk yang di tempatkan di atas tampah bambu selanjutnya disajikan bersama dengan beragam lauk tradisional seperti ayam goreng, tempe, tahu, ikan teri, urap, dan tetap banyak lainnya.

Tak cuma sebagai pelengkap didalam acara syukuran maupun upacara adat, ternyata tumpeng juga sarat bakal arti serta doa kepada Yang Maha Kuasa. Menurut pakar kuliner, Arie Parikesit, tumpeng ternyata sudah ada sejak dulu, bahkan sebelum masuknya ajaran agama di Nusantara.

081285706910 | Tumpeng nasi kuning karakter di Malaka Sari jakarta timur


Padahal awalnya, nasi tumpeng dibuat untuk memuliakan gunung sebagai daerah bersemayam para arwah leluhur (nenek moyang). Sebab tumpeng erat kaitannya bersama suasana alam Indonesia yang banyak dipenuhi gunung berapi. Dahulu, nasi tumpeng biasanya dibikin dari nasi putih. Meski saat ini tumpeng telah miliki variasi tertentu, terasa dari nasi uduk hingga nasi kuning. Nasi putih yang berbentuk kerucut melambangkan suatu hal yang kami makan mestinya berasal dari sumber yang bersih dan halal. yam yang biasa digunakan pada nasi tumpeng adalah ayam jantan atau ayam jago. Pemilihan ayam jago termasuk mempunyai makna menghindari sifat-sifat buruk ayam jago, seperti sombong, congkak, senantiasa menyela saat berbicara, dan tetap terasa benar sendiri

081285706910 | Tumpeng nasi kuning karakter di Malaka Sari jakarta timur


Telur terhitung menjadi lauk pauk mutlak dan memiliki makna yang di dalam pada nasi tumpeng. Telur juga jadi perlambang jika manusia diciptakan bersama dengan fitrah yang sama. Telur yang biasa digunakan biasanya telur rebus yang dipindang dan di sediakan utuh dengan kulitnya. Sehingga untuk memakannya, Ibu perlu mengkaji telur khususnya dahulu. Hal ini melambangkan, bahwa seluruh tindakan wajib direncanakan lebih-lebih dahulu (dikupas), dilakukan sesuai rencana dan dievaluasi untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Selain lauk pauk, pelengkap lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah sayur urab. Biasanya terdiri berasal dari kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, bersama dengan bumbu urab yang terbuat dari sambal parutan kelapa. Sayuran ini melambangkan banyak makna, Kangkung bermakna jinangkung yang artinya melindungi. Bayam sanggup diartikan dengan ayem tentrem. Taoge atau kecambah berarti tumbuh. Kacang panjang bisa diartikan sebagai pemikiran yang jauh ke depan. Sedangkan bawang merah diambil kesimpulan mempertimbangan segala suatu hal bersama masak baik buruknya. Dan yang terakhir adalah bumbu urap bermakna urip atau hidup atau mampu menghidupi (menafkahi) keluarga

"Bentuknya yang segi tiga melambangkan gunung, yang erat hubungannya dengan suatu hal yg berbentuk spiritual. Bentuk segitiga juga merupakan interaksi pada manusia, alam, dan Sang Pencipta," malah Arie Parikesit. Bila dicermati lebih seksama, dalam satu sajian tumpeng, tentu senantiasa dihidangkan bersama tujuh model lauk yang berbeda. Ternyata, jumlah lauk yang diletakkan di sekeliling tumpeng selanjutnya termasuk mempunyai makna tersendiri, lho. Angka tujuh didalam bahasa Jawa disebut bersama dengan arti pitu, atau pitulungan yang berarti adalah pertolongan. Dalam penjelasannya, Arie menyebutkan bahwa tujuh jenis lauk yang di sediakan bersama dengan tumpeng merupakan simbol doa dan memohon bantuan kepada Sang Pencipta sehingga diberi kelancaran didalam lakukan segala sesuatu.

KLIK DISINI UNTUK PESAN TUMPENG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar