ORDER VIA WHATSAPP

Jumat, 28 Februari 2020

081285706910 | Tumpeng nasi kuning sederhana di Rawa Terate jakarta timur

081285706910 | Tumpeng nasi kuning sederhana di  Rawa Terate jakarta timur

081285706910 | Tumpeng nasi kuning sederhana di Rawa Terate jakarta timur - Sejak dulu, tumpeng merupakan keliru satu sajian mesti pas syukuran atau upacara adat. Terutama di pulau Jawa, tumpeng hampir tak pernah absen di dalam acara peresmian gedung, rumah baru, kembali tahun, kelahiran anak, hingga malam tirakatan terhadap hari Kemerdekaan. Tumpeng sendiri umumnya terbuat berasal dari nasi kuning yang dicetak membentuk kerucuk yang di tempatkan di atas tampah bambu lantas disediakan dengan begitu banyak ragam lauk tradisional seperti ayam goreng, tempe, tahu, ikan teri, urap, dan tetap banyak lainnya.

Tak hanya sebagai pelengkap di dalam acara syukuran maupun upacara adat, ternyata tumpeng juga sarat akan arti dan juga doa kepada Yang Maha Kuasa. Menurut ahli kuliner, Arie Parikesit, tumpeng ternyata udah tersedia sejak dulu, lebih-lebih sebelum masuknya ajaran agama di Nusantara.

081285706910 | Tumpeng nasi kuning sederhana di Rawa Terate jakarta timur


Padahal awalnya, nasi tumpeng dibuat untuk memuliakan gunung sebagai daerah bersemayam para arwah leluhur (nenek moyang). Sebab tumpeng erat kaitannya bersama dengan situasi alam Indonesia yang banyak dipenuhi gunung berapi. Dahulu, nasi tumpeng biasanya dibikin dari nasi putih. Meski waktu ini tumpeng sudah punyai variasi tertentu, merasa dari nasi uduk sampai nasi kuning. Nasi putih yang berbentuk kerucut melambangkan suatu hal yang kami makan mestinya berasal dari sumber yang bersih dan halal. yam yang biasa digunakan terhadap nasi tumpeng adalah ayam jantan atau ayam jago. Pemilihan ayam jago terhitung mempunyai arti jauhi sifat-sifat jelek ayam jago, seperti sombong, congkak, tetap menyela dikala berbicara, dan selalu terasa benar sendiri

081285706910 | Tumpeng nasi kuning sederhana di Rawa Terate jakarta timur


Telur termasuk jadi lauk pauk penting dan mempunyai makna yang didalam terhadap nasi tumpeng. Telur terhitung jadi perlambang jika manusia diciptakan bersama fitrah yang sama. Telur yang biasa digunakan kebanyakan telur rebus yang dipindang dan disajikan utuh dengan kulitnya. Sehingga untuk memakannya, Ibu wajib membicarakan telur lebih-lebih dahulu. Hal ini melambangkan, bahwa semua tindakan perlu direncanakan terutama dahulu (dikupas), dilakukan cocok rencana dan dievaluasi untuk meraih hasil yang sempurna.

Selain lauk pauk, pelengkap lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah sayur urab. Biasanya terdiri berasal dari kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, bersama dengan bumbu urab yang terbuat berasal dari sambal parutan kelapa. Sayuran ini melambangkan banyak makna, Kangkung artinya jinangkung yang berarti melindungi. Bayam dapat diambil kesimpulan bersama dengan ayem tentrem. Taoge atau kecambah berarti tumbuh. Kacang panjang bisa diambil kesimpulan sebagai pemikiran yang jauh ke depan. Sedangkan bawang merah disimpulkan mempertimbangan segala sesuatu dengan matang baik buruknya. Dan yang paling akhir adalah bumbu urap artinya urip atau hidup atau dapat menghidupi (menafkahi) keluarga

"Bentuknya yang faktor tiga melambangkan gunung, yang erat hubungannya bersama dengan sesuatu yg berwujud spiritual. Bentuk segitiga terhitung merupakan interaksi antara manusia, alam, dan Sang Pencipta," jadi Arie Parikesit. Bila dilihat lebih seksama, dalam satu sajian tumpeng, tentu senantiasa disajikan dengan tujuh jenis lauk yang berbeda. Ternyata, jumlah lauk yang diletakkan di sekeliling tumpeng berikut terhitung punyai makna tersendiri, lho. Angka tujuh didalam bahasa Jawa disebut bersama dengan istilah pitu, atau pitulungan yang artinya adalah pertolongan. Dalam penjelasannya, Arie menyebutkan bahwa tujuh type lauk yang dihidangkan bersama dengan tumpeng merupakan simbol doa dan memohon pemberian kepada Sang Pencipta sehingga diberi kelancaran didalam melakukan segala sesuatu.

KLIK DISINI UNTUK PESAN TUMPENG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar