ORDER VIA WHATSAPP

Kamis, 27 Februari 2020

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Menteng Dalam tebet, jakarta selatan

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di  Menteng Dalam tebet, jakarta selatan

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Menteng Dalam tebet, jakarta selatan - Sejak dulu, tumpeng merupakan keliru satu sajian mesti saat syukuran atau upacara adat. Terutama di pulau Jawa, tumpeng hampir tak pernah absen didalam acara peresmian gedung, tempat tinggal baru, lagi tahun, kelahiran anak, hingga malam tirakatan terhadap hari Kemerdekaan. Tumpeng sendiri biasanya terbuat dari nasi kuning yang dicetak membentuk kerucuk yang ditempatkan di atas tampah bambu selanjutnya di sediakan bersama dengan bervariasi lauk tradisional layaknya ayam goreng, tempe, tahu, ikan teri, urap, dan masih banyak lainnya.

Tak cuma sebagai pelengkap didalam acara syukuran maupun upacara adat, ternyata tumpeng juga sarat akan arti dan juga doa kepada Yang Maha Kuasa. Menurut ahli kuliner, Arie Parikesit, tumpeng ternyata sudah tersedia sejak dulu, lebih-lebih sebelum akan masuknya ajaran agama di Nusantara.

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Menteng Dalam tebet, jakarta selatan


Padahal awalnya, nasi tumpeng dibuat untuk memuliakan gunung sebagai daerah bersemayam para arwah leluhur (nenek moyang). Sebab tumpeng erat kaitannya bersama kondisi alam Indonesia yang banyak dipenuhi gunung berapi. Dahulu, nasi tumpeng umumnya dibikin berasal dari nasi putih. Meski sementara ini tumpeng telah punya variasi tertentu, terasa dari nasi uduk hingga nasi kuning. Nasi putih yang berupa kerucut melambangkan suatu hal yang kami makan mestinya berasal dari sumber yang bersih dan halal. yam yang biasa digunakan terhadap nasi tumpeng adalah ayam jantan atau ayam jago. Pemilihan ayam jago terhitung membawa arti jauhi sifat-sifat tidak baik ayam jago, seperti sombong, congkak, tetap menyela ketika berbicara, dan selamanya mulai benar sendiri

081285706910 | Catering tumpeng nasi kuning di Menteng Dalam tebet, jakarta selatan


Telur termasuk jadi lauk pauk perlu dan mempunyai arti yang didalam pada nasi tumpeng. Telur terhitung jadi perlambang kecuali manusia diciptakan bersama fitrah yang sama. Telur yang biasa digunakan umumnya telur rebus yang dipindang dan di sediakan utuh bersama dengan kulitnya. Sehingga untuk memakannya, Ibu mesti mengulas telur khususnya dahulu. Hal ini melambangkan, bahwa semua tindakan mesti direncanakan khususnya dahulu (dikupas), dilakukan cocok konsep dan dievaluasi untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Selain lauk pauk, pelengkap lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah sayur urab. Biasanya terdiri dari kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, dengan bumbu urab yang terbuat berasal dari sambal parutan kelapa. Sayuran ini melambangkan banyak makna, Kangkung berarti jinangkung yang artinya melindungi. Bayam bisa diartikan bersama ayem tentrem. Taoge atau kecambah artinya tumbuh. Kacang panjang sanggup diartikan sebagai pemikiran yang jauh ke depan. Sedangkan bawang merah disimpulkan mempertimbangan segala suatu hal dengan masak baik buruknya. Dan yang paling akhir adalah bumbu urap bermakna urip atau hidup atau mampu menghidupi (menafkahi) keluarga

"Bentuknya yang segi tiga melambangkan gunung, yang erat hubungannya dengan suatu hal yg berwujud spiritual. Bentuk segitiga termasuk merupakan hubungan pada manusia, alam, dan Sang Pencipta," jadi Arie Parikesit. Bila dicermati lebih seksama, didalam satu sajian tumpeng, pasti tetap di sediakan dengan tujuh jenis lauk yang berbeda. Ternyata, jumlah lauk yang ditaruh di sekeliling tumpeng selanjutnya juga miliki arti tersendiri, lho. Angka tujuh di dalam bahasa Jawa disebut bersama dengan makna pitu, atau pitulungan yang artinya adalah pertolongan. Dalam penjelasannya, Arie menyebutkan bahwa tujuh style lauk yang dihidangkan bersama dengan tumpeng merupakan simbol doa dan memohon dukungan kepada Sang Pencipta sehingga diberi kelancaran didalam melaksanakan segala sesuatu.

KLIK DISINI UNTUK PESAN TUMPENG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar